Harga Beras Turun, Ayam Naik – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Hot News

Harga Beras Turun, Ayam Naik

JENEPONTO, RADAR SELATAN — Sepekan memasuki bulan suci Ramadan, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Jeneponto bervariasi. Misalnya beras yang mengalami penurunan harga hingga Rp 1.500 per liter, sementara daging ayam justru mengalami kenaikan.
Pantauan RADAR SELATAN di Pasar Turatea, Rabu 1 Juni kemarin menyebutkan, harga beras kualitas terbaik kini dijual di kisaran Rp 7.000 per liter dari sebelumnya Rp 8.500 per liter. Kondisi ini diduga disebabkan melimpahnya stok beras dari petani pascapanen.
“Selama sudahki panen turunki harganya beras sampai Rp 1.500 per liter,” kata selah seorang pedagang, Hj Subaeda ditemui di kiosnya.
Hanya saja, turunnya harga beras ini justru membawa dampak buruk kepada pedagang karena minat beli masyarakat juga semakin lesu. “Harusnya banyak yang beli kalau dipikir-pikirki karena turunki harganya beras, tapi ini malah kurang pembeli jadi rugimaki kita pedagang kodong,” tambahnya.
Kondisi berbeda terjadi pada harga daging ayam yang justeru mengalami kenaikan hingga Rp 5.000 per kilogramnya. “Sekarang naikmi harganya pak. Dulu itu Rp 50.000 per kilo, sekarang sudah Rp 55.000-mi. Dari peternak memang naik pak,” kata Daeng Ngerang, salah seorang pedagang daging ayam.
Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaggangan (Diseprindag) Jeneponto, Sofyan mengatakan, keniakan harga daging saat ini masih dalam batas kewajaran. “Memang biasaji begitu kalau mau bulan puasa (Ramadan, red) pasti naik harganya,” jelasnya.
Menurutnya, kondisi harga kebutuh pokok didasarkan pada hukum pasar, dimana saat stok terbatas sementara permintaan meningkat otomatis juga berdampak pada kenaikan harga. Begitupun sebaliknya. “Hukum pasarnyakan memang begitu, jadi wajarlah,” pangkasnya. (ded/man)

 

___________________________
REPORTER: DEDI
EDITOR: SUPARMAN

To Top