Waduh..!! Tuntutan Belum Dipenuhi, 800-an Pekerja PT Lonsum Lanjut Mogok Kerja – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Waduh..!! Tuntutan Belum Dipenuhi, 800-an Pekerja PT Lonsum Lanjut Mogok Kerja

Ratusan pekerja PT Lonsum gelar mogok kerja

RADAR SELATAN.CO. ID. BULUKUMBA — Sekitar 800-an lebih karyawan dan karyawati PT Lonsum yang berlokasi di Palangisan Estate, terus melangsungkan aksi mogok kerja. Aksi tersebut telah berlangsung selama empat hari lamanya.

“Malu kalau perusahaan besar seperti ini tapi tidak bisa membayar hak-hak pekerjanya. Sementara kita telah menjalankan kewajiban kita,”ujar Jusri karyawan PT Lonsum. Sabtu 4 Juni 2016.

Dia menjelaskan aksi tersebut akan terus berlanjut sampai tuntutan mereka di penuhi. Dimana seluruh karyawan mendesak agar PT Lonsum, segera membayarkan gaji bonus tahunan sebanyak empat bulan gaji atau sekitar Rp8 juta lebih per karyawan.

“Ini kan hanya tiga bulan yang mau di bayarkan. Belum lagi janji Ketua PUK SPSI, Pak Wahab, janjinya dulu akan perjuangkan lima bulan ternyata hanya tiga bulan,”katanya.

Menurutnya, alasan tidak dibayarkannya gaji bonus tahunan sesuai tuntutan karyawan, karena PT Lonsum berdalih kalau perusahaan karet itu mengalami kerugian karena harga karet saat ini mengalami penurunan harga. “Jadi kami itu mendapat intimidasi dari pihak perusahaan katanya mau PHK. Kami tidak takut, karena apa dasarnya, kita ini hanya menuntut hak saja,”katanya.

Tidak hanya itu pihaknya juga menuntut UMP yang tidak sesuai degan standar Provinsi Sulsel.”Kan seharunya itu Rp2,225 juta namun kiaa hanya terima Rp.2, 140 juta,”ujarnya.

Fajar RFR

To Top