Ini Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Ini Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

dr A Muh Rifqi Ismulail S.Ked

RADAR SELATAN. CO.ID BULUKUMBA — Selain menjadi kewajiban dan merupakan rukun islam. Ibadah Puasa memberikan banyak manfaat, tidak hanya memperbaiki kualitas iman, namun juga bermanfaat bagi kesehatan.

dr A Muh Rifqi Ismulail S.Ked, mengemukakan ada beberapa manfaat kesehatan bagi mereka yang melakukan puasa
diantaranya:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Tubuh tak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber/ energi ketika puasa. Lemak pada tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan mempengaruhi penurunan profil lipid tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

Dengan berpuasa, maka secara otomatis akan membakar lemak pada tubuh. Hal ini akan menimbulkan efek penurunan berat badan bagi tubuh. Selain itu juga berpengaruh terhadap tekanan daran dan kadar gula darah tubuh.

3. Proses Detoksifikasi
Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang terdapat dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh.

4. Meningkatkan Ketajaman Berpikir dan Rasa Nyaman

Hormon endorfin akan meningkat dalam tubuh. Hormon ini akan menimbulkan efek peningkatan ketajaman pikiran serta perasaan nyaman.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
Tak dapat dipungkiri, Sakit jantung ialah penyakit yang paling mematikan. Nah, dengan berpuasa juga akan menimbulkan dampak yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Saat berpuasa, tubuh akan melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL. Dan ini mengakibatkan efek yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Membuat Ginjal Menjadi Sehat

Ginjal memiliki kegunaan untuk menyaring zat berbahaya dari yang kita makan dan minum. Jika kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, maka ginjal akan berfungsi secara maksimal dan mengakibatkan dampak baik bagi kesehatan ginjal.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes
Diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Dengan berpuasa, konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat dikontrol yang tentu pada akhirnya bisa mencegah diabetes dan penyakit turunannya.

”Insya Allah semoga ini bermanfaat dan menjadinpengetahuan kita bersama,”ujar A Muh Rifqi Ismulail S.Ked yang juga Wakil Ketua Pemuda Muhammadiyah Bulukumba.

To Top