BPK Temukan Anggaran Perjalanan Fiktif DPRD Gowa – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Hot News

BPK Temukan Anggaran Perjalanan Fiktif DPRD Gowa

ilustrasi (int)

RADAR SELATAN.COID GOWA — Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Sulsel menemukan anggaran fiktif dari kegiatan perjalanan dinas anggota DPRD Kabupaten Gowa. Tidak tanggung-tanggung, dana yang diduga tidak sesuai penggunannya itu mencapai Rp 200 juta.

Temuan ini berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap kegiatan perjalanan dinas seluruh anggota DPRD Gowa sejak 2014 silam. BPK-pun mengeluarkan rekomendasi kepada 60 orang anggota dewan dan staf DPRD Gowa untuk mengembalikan selisih anggaran tersebut.

Sekretaris DPRD Gowa, Yusuf Sampera yang dikonfirmasi membenarkan rekomendasi BPK itu. Ia mengatakan, pengembalian tersebut masih bersifat pemeriksaan sementara dari perjalanan dinas selama ini. “Memang benar ada pengembalian mengenai penerbangan dinas selama ini,” katanya, Rabu 8 Juni.

Meski begitu kata dia, pengembalian tersebut belum kategori temuan dari BPK. Nanti setelah 60 hari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tersebut tidak dikembalikan barulah dikatakan temuan. “Ini masih menjadi komunikasi internal kami belum temuan BPK,” jelasnya.

Dengan begitu, baik anggota DPRD maupun staf yang melakukan penerbangan harus membayar bersama-sama selisih anggaran tersebut. Informasi yang didapat setelah permintaan pengembalian itu masuk ke DPRD, satu persatu staf dan legislator dipanggil ke bagian keuangan untuk dimintai pengembalian sesuai beberapa kali penerbangan selama satu tahun.

Hal ini juga dibenarkan Ketua Komisi IV DPRD Gowa, Asriadi. Legislator Partai Demokrat ini diminta mengembalikan uang yang diduga selisih dari dana perjalanan dinasnya sekira Rp 4 juta. “Memang ada diminta pengembalian. Namun saya telah tekankan bahwa tidak akan mengembalikan ini. Kenapa, karena ada oknum yang bermain di balik terjadinya ini,” tegasnya.

To Top