Kabupaten Boven Digoel Papua Belajar Perda Adat di Bulukumba – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Kabupaten Boven Digoel Papua Belajar Perda Adat di Bulukumba

SAMBUT. Bupati Bulukumba, AM. Sukri Sappewali menerima pemberian kenang-kenangan dari Kepala Disbudpar Boven Digoel, Marius Batarop saat berkunjung ke Bulukumba, Selasa, 14 Juni 2016.

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA — Pemerintah Daerah Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua berkunjung di Kabupaten Bulukumba, Selasa, 14 Juni 2016. Kunjungan ke Butta Panrita Lopi terkait persiapan Pemkab Boven Digoel membuat peraturan daerah (Perda) Perlindungan Hukum Masyarakat Adat.

Pemkab Boven Digoel dipimpin langsung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Boven Digul, Marius Batarop mengungkapkan keinginanya untuk menciplak perda Bulukumba yang dianggap berhasil menjaga adat istiadat masyarakat adat Kajang hingga saat ini.

Dia berharap masyarakat adat Boven Digoel tidak terganggu dengan aktivitas moderen terutama hutan mereka yang dikelola masyarakat untuk hidup dan kesejahteraan ekonomi warga melalui pemanfaatan hutan lestari berlandaskan budaya lokal.

“Kami juga punya banyak hutan, dan kami mau belajar di Bulukumba terkait perlindungan hutan adat yang semoga masyarakat adat kami bisa tetap terjaga dan bisa terlindungi oleh negara dengan banyaknya regulasi yang melindungi mereka,” pintanya.

Bupati Bulukumba, AM. Sukri Sappewali yang menerima langsung kunjungan menyambut baik dan berterimakasih karena menjadikan Bulukumba sebagai salah satu referensi untuk mengambil pembelajaran terkait perlindungan hukum masyarakat adat.

Menurut Sukri, masyarakat adat Kajang merupakan salah satu andalan Bulukumba yang hingga saat ini masih terjaga dengan baik sejak adanya regulasi perlindungan masyarakat adat.

“Selamat datang di Bulukumba, semoga apa yang anda cari bisa ditemukan disini, dan semoga bisa kembali dengan hasil yang maksimal,” harapnya.

Akbar Wahyudi

To Top