26 Proyek di DKP Jeneponto Terindikasi Menyimpang – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Hot News

26 Proyek di DKP Jeneponto Terindikasi Menyimpang

RADAR SELATAN.CO.ID JENEPONTO — Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menemukan sedikitnya ada 26 dari 30 proyek yang terindikasi menyalahi prosedur di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jeneopnto. Proyek tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler tahun anggaran 2014.

Akibatnya, pengelolaan keuangan Jeneponto disebut-sebut memasuki tahap paling kritis. Pasalnya, banyak penyimpangan berimplikasi tindak pidana korupsi (tipikor). Temuan BPK tersebut didasarkan pada tidak adanya dokuemn kontrak yang mengindikasikan adanya kerugian negara hingga Rp 3.793.137.000.

Itu tertuang dalam laporan hasil monitoring dan evaluasi pengelolaan DAK reguler bidang keluatan dan perikanan di Kabupaten Jeneponto dengan Nomor: LAP -705/PW21/3/2015, tertanggal 16 November 2015 yang diteken Kepala Perwakilan BPKP Sulsel, Dani Suardini.

Dana ke-26 proyek tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh pengelola kegiatan baik PPTK, PPK, dan PA-DKP Jeneponto. Hasil temuan BPKP menyebutkan, data yang diperoleh, hanya berupa daftar kegiatan tanpa ada dokumen pendukung lainnya.

“Data kegiatan yang diperoleh hanya daftar kegiatan berisi target, sedangkan dokumen kontrak proyek, dokumen DPA pokok maupun DPA Perubahan secara utuh, termasuk rekapan anggaran per kegiatan tidak diperoleh hingga penugasan tim pemeriksa BPKP berakhir,” ujar Dani Suardini seperti dikutip upeks.co.id.

Akibatnya, BPKP menilai, ketepatan sasaran penggunaan dan pemanfaatan serta pengelolaan hasil kegiatan DAK Reguler Bidang Kelautan dan Perikanan TA 2014 tidak dapat diyakini kewajarannya atau disclaimer

Dedi

To Top