Legislator Gowa Tolak Kembalikan Kerugian Negara – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Hot News

Legislator Gowa Tolak Kembalikan Kerugian Negara

ILUSTRASI(INT)

* Dugaan Manipulasi Dana SPPD

RADAR SELATAN.CO.ID GOWA — Rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang meminta seluruh anggota DPRD Gowa mengembalikan selisih dana perjalanan dinas yang diduga dimanipulasi mendapat penolakan keras. Para wakil rakyat tersebut beralasan sama karena tidak pernah mengambil namun belakangan diminta untuk pengembalian.

Mereka yang menggunakan dana perjalanan sesuai surat perintah perjalanan dinas (SPPD) menganggap tak pernah bersentuhan dengan travel apapun. Semuanya dikelola oleh sekretariat DPRD. “Niat untuk pengembalian selisih itu belum ada. Alasannya masih sama karena saya tidak tau menahu soal pemberangkatan,” kata Anggota DPRD Gowa, Robby Harun, Rabu 15 Juni.

Herannya kata dia, pada saat pemberangkatan dirinya hanya diminta bertanda tangan dan dikelola sepenuhnya oleh sekretariat DPRD. Belakangan setelah muncul persoalan ini, pertanggungjawabannya justru dikembalikan ke masing-masing anggota dewan secara pribadi.

“Meski belakangan tetap membayar tetapi itu karena colective collegial di DPRD,” ketusnya.

Namun kata dia, pihaknya akan tetap mendorong agar peristiwa ini jadi pelajaran. Pihak travel yang sering digunakan selama ini juga akan dipanggil untuk dimintai ganti rugi. “Dari pengakuan travel itu kemudian akan terungkap sendiri siapa oknum yang selalu bermain harga dengan travel,” jelasnya.

Pengembalian selisih harga tiket tersebut juga dibenarkan Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Gowa, Samsuharni Daeng Taco. Politisi Partai Golkar ini mengaku harus mengembalikan sebanyak Rp 3,5 juta. Ia mengaku telah mengembalikan setengah dari dana yang menjadi temuan BPK tersebut.
“Tidak apalah kita mengembalikan ini dulu. Nanti setelah itu barulah kita sama-sama mencari tahu travel yang selama ini digunakan untuk dimintai pertanggungjawaban dan ganti rugi,” ujarnya.

Anjar Sumyana Masiga

To Top