Pemuda Soroti Minimnya Penerangan Jalan Umum – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Pemuda Soroti Minimnya Penerangan Jalan Umum

Zul Majjaga

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA — Minimnya penerangan jalan umum yang berada di Desa Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba, disorot pemuda justitia.

Ketua Pemuda Justitia Bulukumba Syamsul Bahri Majjaga mengaku mengeluhkan minimnya fasilitas penerangan jalan umum (PJU) yang menyebabkan banyak jalan menjadi gelao gulita pada malam hari. Kondisi tersebut, ikut berdampak pada potensi terjadinya kecelakaan bagi pengendara karena kurangnya penerangan.

“Penerangan jalan umum (PJU) masih minim, akibatnya banyak jalan yang gelap pada malam hari, ini kan bahaya juga bagi pengguna jalan, apalagi kalau jalaya sudah rusak,” kata Zul Majjaga Pemuda Asal Batang ini.

Ia mengatakan, seharusnya petugas dari instansi terkait aktif untuk menginventarisasi wilayah yang masih kekurangan PJU, termasuk rutin melakukan pengecekan di lapangan. ”karena setau saya PJU yang ada didesa batang itu adalah swadaya warga,”ujarnya.

Selama ini masyarakat desa batang menunaikan kewajibannya dengan membayar PPJ sebesar 7-10% pada setiap pembayaan listriknya( Listrik Token /Pra Bayar atau Pasca Bayar). Menurut Zul Bahwa ini menjadi keharusan bagi pemerintah dan PLN sebagai pemungut pajak untuk mengadakan PJU.

” Karna ini soal Pajak maka sudah seharusnya dogma-dogma tentang keswadayaan yang terkait dengan Penerangan Listrik dan sudah semestinya di eliminir” Kata Zul

Seperti diketahui setiap pelanggan PLN yang menggunakan / menikmati aliran listrik dikenakan Pajak Penerangan Jalan ( PPJ ) yang besarnya bervariasi tergantung pada Peraturan Daerah (Perda) setempat

Fajar RFR

To Top