Selama Ramadan, Empat Pengendara Tewas di Jalan – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Selama Ramadan, Empat Pengendara Tewas di Jalan

Anggota Lantas Bulukumba, Aiptu Syamsul Alam

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA — Angka kecelakaan lalu lintas selama bulan ramadan pertanggal 6 hingga 22 Juni 2016 mencapai 15 kasus. Angka tersebut terbilang meningkat dari tahun sebelumnya.

Dari catatan Unit Laka Lantas Polres Bulukumba selain jumlah kasusnya meningkat, korban kecelakaan yang meninggal dunia pun mengalami peningkatan.

Tahun sebelumnya dua orang. Tahun ini, korban meninggal tercatat empat orang, luka berat 1 orang dan luka ringan 22 dan kerugian material Rp. 11.350.000. Data tersebut terjadi selama 16 hari puasa.

“Kebanyakan kendaraan roda dua karena hampir 95 persen kecelakaan dialami oleh pengendara roda dua,” ungkap Kanit Laka Lantas Polres Bulukumba, Aiptu Syamsul Alam, kepada RADAR SELATAN, Rabu, 22 Juni 2016.

Dia menganalisa, peningkatan jumlah kecelakaan ini karena saat volume kendaraan terus bertambah, infrastruktur jalan tidak menunjang. “Para pengguna kendaraannya juga kurang sadar akan pentingnya keselamatan,” sesalnya.

Syamsul Alam menyatakan, dari belasan angka kecelakaan yang terjadi, disebabkan oleh prilaku anak muda yang tidak patuh peraturan lalu lintas. “Meskipun pengendaranya orang tua, akan tetapi kebanyakan itu korban tabrakan dari kendaraan yang dikendarai oleh anak muda,” bebernya.

Untuk mengurangi tingkat kecelakaan, Syamsul Alam mengingatkan para pengendara, baik roda dua atau roda empat mematuhi peraturan lalu lintas. Pihaknya juga sudah terjun mensosialisasikan masalah ini ke tingkat sekolah-sekolah serta masyarakat.

“Kami sudah melakukan imbauan, pemasangan spanduk untuk menekan angka kecelakaan,” pungkasnya.

REPORTER: IRWANSYAH
EDITOR: HASWANDI ASHARI
———————

To Top