Hari ini Seluruh PNS Terima Gaji 14, Kecuali Anggota Dewan – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Hari ini Seluruh PNS Terima Gaji 14, Kecuali Anggota Dewan

ILUSTRASI (int)

RADAR.SELATAN.CO.IC BULUKUMBA, — Sebanyak 40 anggota DPRD di Kabupaten Bulukumba nampaknya harus bersabar. Pasalanya, pemberian gaji 14 atau tunjangan hari raya belum bisa diberikan.

Kepala Bidang Anggaran Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Bulukumba, Muh. Rifai mengatakan, seluruh PNS di Bulukumba dipastikan menerima gaji ke-14 kecuali anggota dewan. Alasannya, DPKD belum bisa menaksir berapa nominal gaji yang akan diterima para wakil rakyat teresbut.

“Insya Allah bespk (hari ini) gaji 14 semua PNS sudah dibayarkan, kecuali anggota dewan. Yang jelas dapat sesuai PP 19 dan 20 (2016) tentang tunjangan hari raya untuk aparatur.
Cuma aturannya susah kita terjemahkan, berapa besarannya,” terangnya.

Rifai menguraikan, berdasarkan aturan besarnya gaji yang diberikan kepada anggota dewan tidak melebihi pensiunan PNS golongan VIe yang telah mengabdi selama 32 tahun atau sebesar Rp 5,6 juta. Sementara di Bulukumba, jika harus disesuaikan dengan uang representatif (gaji pokok) anggota dewan yang tertinggi hanya Rp 2,1 juta.

“Itu untuk uang represetatif ketua (DPRD), wakil ketua Rp 1,6 juta, dan anggota Rp 1,5 juta di luar tunjangan. Jadi kalau kita mau berhitung, yang tidak lari dari situ antara Rp 1,5 juta sampai Rp 2,1 juta per orang. Tapi kita masih mencari aturan pendukung untuk menetapkan berapa yang harus diberikan,” jelasnya.

Menurut Rifai, untuk gaji dan tunjangan anggota DPRD Bulukumba dianggarakan sebesar Rp 688 juta setiap bulannya. “Jadi kalau dirata-ratakan anggota DPRD dapat Rp 2 juta per orang, berarti kita siapkan Rp 80 juta untuk gaji 14-nya,” ujarnya.

To Top