Suku Kajang Gunakan Pakain Adat Saat Laksanakan Sholat Idul Fitri – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Suku Kajang Gunakan Pakain Adat Saat Laksanakan Sholat Idul Fitri

Sejumlah warga Suku Kajang, tetap menggunakan pakaian adat saat melaksanakan ibadah sholat idul fitri

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA — Sejumlah warga di Kecamatan Kajang, tetap konsisten menjaga adat dan tradisi suku Kajang. Itu terlihat saat pelaksanaan sholat idul fitri di dusun, Saukang Desa Bonto Baji, Kecamatan Kajang.

Sejumlah warga Kajang,tetap menggunakan pakaian hitam sebagai salah satu warisan leluhur suku Kajang.

Tokoh Pemuda Desa Bonto Baji, Darman daeng Jaga menjelaskan pada dasarnya tata cara masyarakat adat Kajang dalam melaksanakan sholat idul fitri ataupun perayaan hari besar islam sama seperti dengan pelaksanan umat islam lainnya diseluruh dunia. Hanya yang membedakan hanyalah pakaiannya yang serba hitam karena tetap menggunakan pakaian adat.

“Masyarakat adat Kajang tetap konsisten menggunakan pakaian hitam hitamnya saat Addalle’ mange Ri Turie’ A’ra’na (Saat menghadap dan memohon kepada Allah SWT) dalam menunaikan sholat Ied,” ujarnya.

Darman menambahkan pakian adat warna hitam adalah warna yang melambangkan Pakkamase masean (kesederhanaan). Selain iti juga melambangkan sifat tingkah dan tutur kata yang tetap terjaga dalam kesederhanaan.

Bagi kami menggunakan pakaian hitam lebih mendukung dan memaksimalka diri saat Addalle’ Ri Turie’ A’ra’na (Allah SWT),”jelasnya.

Fajar RFR

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!