Libur Lebaran, Bira Raup PAD Rp 200 Juta – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Libur Lebaran, Bira Raup PAD Rp 200 Juta

ILUSTRASI (int)

RADAR SELATAN.CO.ID  BULUKUMBA, — Puncak libur lebaran yang berlangsung selama tiga hari pasca Idul Fitri ini, tidak tanggung-tanggung Pantai Pasir Putih Bira memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bulukumba, hingga Rp 200 juta atau naik 40 persen dari libur lebaran 2015 yang berkisar Rp 180 juta.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bulukumba, Djunaedi Abdillah mengungkapkan, pengunjung selama tiga hari pasca lebaran sangat luar biasa. Puncak liburan yang jatuh pada hari Minggu kemarin, pengunjung bisa menembus hingga ribuan bahkan puluhan ribu, yang menurutnya angka tersebut bertambah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Banyaknya pengunjung menurut Abdillah, memberikan sendiri keuntungan bagi daerah yang selama tiga hari berjumlah Rp 200 juta, yang dikarenakan semakin terkenalnya nama Bira hingga luar daerah dikarenakan promosi Pemerintah Kabupaten (pemkab) dan lewat bantuan akses jejaring internet.
Selam tiga hari pasca lebaran, seluruh hotel dan penginapan dan tidak terkecuali rumah penduduk asli Bira telah habis diserbu oleh para pengunjung. Dan bagi wisatawan lokal dan Manca Negara yang tidak kebagian penginapan terpaksa harus keluar area kawasan Bira untuk mencari tempat peristirahatan.

“Puncaknya Hari Minggu kemarin, bibir pantai seakan sempit sekali karena padatnya pengunjung. Cuaca estrim sempat melanda bira yaitu hujan yang disertai angin kencang namun tidak memberikan dampak bagi para pengunjung yang terus berdatangan,” ujarnya.

Dari pantauan harian RADAR SELATAN, selain Bira, beberapa destinasi wisata seperti Samboang dan pantai Apparalang juga ramai dikunjungi oleh wisatawan. Keindahan pasir putih samboang dan tebing Apparalang yang menyerupai wisata dewata Bali menjadi daya tarik wisatan lokal dan Manca negara.
Gina cotohnya, wanita keturunan Tionghoa dan Bugis Wajo ini mengaku sudah dua hari yaitu Sabtu dan Minggu kemarin telah berada di Bulukumba bersama keluarganya untuk menghabiskan liburan pasca lebaran yang berlangsung 6 Juli kemarin. Dia mengaku telah mengunjungi  beberapa tempat destinasi wisata selain Bira yaitu, Samboang, Apparalang dan Pantai Jung yang kini ramai dibicarakan media sosial.

 

“Padat sekali di Bira jadi saya terpaksa menginap di luar kawasan. Tapi untung di Bulukumba bukan hanya Bira menjadi wisata pilihan jadi kami sekeluarga bisa berkeliling,” ujarnya.
Seharusnya, Lanjut Gina, Pemkab Bulukumba harus mengembangkan wisatanya bukan hanya di Bira, karena menurutnya jika wisata Bulukumba ditata dengan baik, akan menjadi pusat wisata di wilayah Indonesia Timur.

 

Akbar Wahyudi
————–

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!