Makam Dato Tiro Dipadati Peziarah – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Makam Dato Tiro Dipadati Peziarah

BERZIARAH. Warga saat berziarah di makam Dato Tiro, Jumat, 8 Juli 2016.

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA–Pasca lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah makam Dato Tiro Kelurahan Eka Tiro Kecamatan Bonto Tiro dipadati pengunjung datang berziarah dan melepas nazar.

Penjaga tempat wisata Makam Dato Tiro, Hasrullah, Jumat, 8 Juli mengatakan, memasuki hari ketiga pasca lebaran jumlah pengunjung telah mencapai 300 orang dan diperidiksi akan bertambah hingga dua hari kedepan.

“para pengunjung yang datang hanya semata-mata  bersiarah langsung ke makam Dato Tiro untuk berdoa terhadap leluhur,” katanya.

Lanjut Hasrullah, bukan hanya penduduk lokal saja, tetapi juga dipadati sebagian besar datang dari kabupaten lain seperti,  Jeneponto, Banteang, Bone, Sinjai dan Makassar dengan jumlah pengunjung tiap harinya mencapai ratusan.

“Tercatat hingga hari ini pengunjung sudah mencapai tiga ratus orang dan prediksi dua hari kedepan sebanyak tujuh ratusan,” tandasnya.

Sedangkan menurut dia, tahun lalu pengunjung di Makam Dato Tiro kurang lebih ribuan datang dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel). Hampir tiap tahun Makam Dato Tiro dipadati pengunjung pada momen lebaran.

“Makam penyebar agama islam di Bulukumba itu datang sejak tahun 1604 Masehi dan wafat di sini,” cetusnya.

Salah seorang pengunjung asal Kecamatan Kajang, Rostina mengaku, setiap tahun sengaja datang berziarah untuk mendoakan para leluhur guna sebagai jalan silaturahmi bagi orang yang telah meninggal.

“Kami kesini untuk berdoa agar diberikan kesehatan serta rezeki yang berlimpah agar dijabah oleh Allah SWT,” bebernya.

Nindar Rosmawan

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!