Pedagang Sentral Protes Pasar Cekkeng, Ada Apa Yah? – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Pedagang Sentral Protes Pasar Cekkeng, Ada Apa Yah?

DIPROTES. Pedagang pasar cekkeng yang beroperasi hingga siang hari di protes pedagang pasar sentral yang kurang kunjungan. Dia berharap Pemerintah Kabupaten mencari solusi agar tidak ada yang dirugika

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA — Sejumlah pedagang pasar sentral Bulukumba, memprotes keberadaan pasar tradisional Cekkeng yang berlokasi dipinggir pantai merpati, Kecamatan Ujung Bulu, Bulukumba. Mereka memprotes lantaran pedagang melayani pembeli hingga siang yang menyebabkan pasar induk menjadi sepi pengunjung.

Salah seorang pedagang Irma, mengungkapkan, seharusnya pemerintah memberikan jadwal bagi pasar Cekkeng, pedagang cukup melayani pembeli sampai pukul 07.00, WITA pagi saja, karena peruntukan pasar tradisional memang subuh. Hanya, fakta dilapangan sudah berubah, karena membuka hingga siang, pembeli beralih ke pasar Cekkeng dibanding ke pasar sentral Bulukumba. Apalagi, semua kebutuhan disiapkan oleh pedagang.
 “Iya, kita berharap ada jadwal. Jangan buka sampai siang, kami dirugikan,” ujarnya, Minggu 10 Juli kepada RADAR SELATAN 10 Juli kemarin.
 Menurutnya, sejak kehadiran pasar tradisional Cekkeng, dan melayani warga sampai siang, pembeli di pasar sentral turun drastic. Bahkan, dalam satu hari terkadang kosong, sehingga pedagang mengeluhkan, sebab keberadaanya merugikan. Sehingga dia mengusulkan agar pasar Cekkeng kembali pada pemanfaatan awal melayani sampai subuh.
“Sepi pembeli, warga lebih memilih kesana, apalagi semua kebutuhan ada disana. Padahal, pasar sentral ini induk. Kalau dibiarkan pasar akan mati,” jelasnya.
Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangky, menjelaskan, pihaknya akan memanggil perdagangan untuk membicarakan masalah pengaturan jadwal pasar Cekkeng. Rencana pemanggilan ini dilakukan mencari solusi terbaik agar tidak ada pihak merasa dirugikan dengan keberadaan keduannya. Pasar Cekkeng harus kembali beroperasi seperti sebelumnya.
“Iya, kita akan bicarakan bersama, biar semua berjalan baik. Kita tidak mau ada dirugikan. Intinya, harus kembali beroperasi seperti biasa,” kata legislator asal daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Gantarang-Kindang Bulukumba ini.
Sementara itu, Humas Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, Perindustrian, Pertambangan dan Energi (KP3E) Bulukumba, Muh Aris, mengaku, bahwa jadwal penjualan pasar Cekkeng sudah berjalan semestinya, pedagang mulai melayani pembeli sejak subuh hingga pagi. Hanya, ada beberapa pedagang yang tinggal diatas jam 10.00 WITA, karena membenahi jualannya.
“Kalau pengaturan jadwal adalah asosiasi pasar yang menentukan, bukan perdagangan. Tapi, saya melihat Cekkeng sudah sesuai, kalau pun ada pedagang yang tinggal hanya memperbaiki jualan saja, tidak menjual,” tandasnya.(awa/
AKBAR WAHYUDI/RADAR SELATAN

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!