Warga Balang Toa Protes Daerahnya Jadi Pembuangan Sampah – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Warga Balang Toa Protes Daerahnya Jadi Pembuangan Sampah

Warga membersihkan lahan mereka yang menjadi tempat pembuangan sampah di Balang Toa, Jeneponto. Keberadaan sampa tersebut mengganggu aktivitas dan kesehatan warga setempat.

RADAR SELATAN.CO.ID JENEPONTO — Warga Kelurahan Balang Toa, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, memprotes wilayahnya menjadi tempat pembungan sampah. Betapa tidak, tumpukan sampah tersebut menimbulkan bau tidak sedap dan dikhawatirkan berdampak pada kesehatan masyarakat.

Salah seorang warga setempat, Andi Jusna mengaku kesal dengan tumpukan sampah yang kian hari semakin bertambah. Menurutnya, Dinas Tata Ruang dan Kebersihan yang bertangunggung jawab akan sampah-sampah tersebut harusnya menyediakan tempat yang representatif untuk membuang sampah, bukan di tengah-tengah permukiman padat penduduk seperti ini.

“Urusi itu sampah jangan dibiarkan bertumpuk dan membusuk. Buang di tempatnya, jangan di tampung di kampung kami,” ketusnya.

Warga yang juga tokoh masyarakat setempat ini prihatin dengan kondisi masyarakat di wilayah tersebut. Pasalnya, setiap hari warga harus menanggung dampak buruk dari tumpukan sampah yang notabene berasal dari luar wilayah mereka.

“”Mau diapa ini sampah. Menurut saya orang tidak manusiawi membuang sampah di perkampungan. Saya kira ada TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Kami minta bapak bupati untuk menyikapi masalah ini, kasihan kami di Balang Toa ini,” ucapnya dengan nada tinggi.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Jeneponto. Beberapa pejabat terkait yang coba dikonfirmasi melalui nomor telepon yang biasa digunakan tidak berhasil. 

Dedi

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!