Tiru Gerakan Salat, Aksi GAM di Kecam Dai – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Tiru Gerakan Salat, Aksi GAM di Kecam Dai

Da,i Muda, Ikhwan Bahar

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA — Aksi pendampingan terkait maraknya tindakan kriminal di Bulukumba, yang dilakukan Gerakan Aktifis Mahasiswa (GAM), menuai kecaman dari tokoh agama di Bulukumba. Pasalnya dalam aksi tersebut, Aktifis GAM menggelar aksi dengan menirukan gerakan sholat.

“Hadis nabi menjelaskan kalau ada beberapa tempat yang dilarang untuk sholat, pertama di WC, ditempat sampah, termasuk di jalan, itu dilarang,” ujar Ikhwan Bahar.

Dia menjelaskan sekalipun niatnya sebagai sindiran namun tidak ada alasan pembenaran menjadikan agama islam sebagai simbol dan sarana gerakan. Menurutnya apa yang dilakukan aktifis GAM, dengan menggelar sholat di jalan sangat tidak pantas apalagi akan lebih berbahaya jika disaksikan anak kecil.

“Untuk konteks tujuan dalam mengawal kasus-kasus di Bulukumba, saya sangat setuju dan mendukung, tapi proses yang dilakukan itu sudah menciderai agama,”ujarnya.

Olehnya, pihaknya berharap Pemerintah, DPRD dan MUI untuk menelusuri dan menindaklanjuti aksi sholat yang dilakukan aktifis GAM.” Mereka harus meminta maaf. Kalau alasannya mereka tidak tahu soal hukum sholat, saya rasa mahasiswa pasti tau itu. Meski hanya simbol sebagai bentuk kekecewaan kepada penegak hukum, tidak ada pembenaran untuk menjadikan gerakan sholat sebagai sarana aksi,”tutupnya

 

Akbar Wahyudi

 

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!