Kahayya Masuk Pengembangan Wisata Tiga Dimensi – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Kahayya Masuk Pengembangan Wisata Tiga Dimensi

aBERFOSE. Anak-anak kelas ceria yang telah dibentuk Indonesia Movement Project berfoto bersama. Tahun ini, Disbudpar Bulukumba mempersiapkan penyusunan Amdal di Desa Kahayya

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bulukumba saat ini tengah mempersiapkan penyusunan Antisipasi Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) terkait pengembangan pariwisata di Kahayya yang kini menjadi paru-paru daerah.

Objek wisata yang terletak di Kecamatan Kindang itu masuk dalam Rencanan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kapala Disbudpar Bulukumba, Djunaidi Abdillah mengaku jika pihaknya saat ini mempersiapkan pengembangan wisata untuk menjadikan Bulukumba wisata 3 dimensi.

Untuk penyusunan Amdal, dia mengaku telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 300 juta mengingat pengembangan wisatanya berada di tengah hutan yang menyokong paru-paru 3 kabupaten, yakni Sinjai, Bulukumba dan Gowa.

“Kalau pengembangan wisata Kahayya rampung, lengkap sudah, ada pantaianya, budayanya dan wisata gunung serta kulinernya,” ujarnya.

Hanya saja, dalam pengembangan mendatang, Djunaidi mengaku tidak menginginkan masyarakat meningkalkan kebiasaanya seperti berkebun, memperkenalkan kopi asli serta kuliner yang merupakan makanan rumahan warga Kahayya.

“Seperti kotek dan pengginapan yang 70 persen berbuat dari kayu dan 30 persen dari batu. Itu penting agar pendatang bisa merasakan suasana asli Kahayya,” pintanya, Selasa, 26 Juli 2016.

Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bulukumba, Syafrul Patunru mengungkapkan jika pengembangan wisata Kahayya masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang saat ini dalam penyusunan dan akan segera dibahas di DPRD.

“Iya betul masuk dalam RPJMD, dan diharapkan bisa menambah PAD di bidang pariwisata,” pinta Syafrul.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!