Wabup Minta Pengusaha Tambang Harus Taat Aturan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Wabup Minta Pengusaha Tambang Harus Taat Aturan

Wakil Bupati, Tomy Satria Yulianto

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA — Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba mengajak kepada semua pengusaha tambang di Bulukumba untuk taat aturan.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengaku hingga kini masih banyak aksi penambangan galian C dilakukan secara ilegal, meskipun mereka sudah mulai mengurus perizinan.

Tomy pun mendorong kepada pengusaha tambang untuk mengurus perizinan agar operasionalnya bisa diawasi. Menurut dia, tambang ilegal biasanya pola penambangannya ngawur, tidak memperhatikan aturan, akibatnya membuat lingkungan rusak.

Oleh karena itu, lanjut dia, untuk mengawasi praktik penambangan ilegal itu, pihaknya mengajak pemerintah kabupaten aparat hukum, maupun masyarakat. Dia juga mengusulkan, daerah yang dilakukan penambagan agar diberi tanda mana yang legal dan mana yang ilegal.

“Kami kejar-kejaran terus dengan penambang illegal, oleh karena itu kami terus sosialisasi agar mereka mau mengurus izin,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Bulukumba, H. Ahmad Sultan mengatakan, ada beberapa hal lain yang mestinya bisa dilakukan oleh pemda dalam pengelolaan pertambangan di Bulukumba terutama mengatasi maraknya perambangan liar.

“Segera lakukan sosialisasi, kalau perlu jemput bola untuk penambangan, kemudian undang semua pengusaha tambang lalu diberi penjelasan tentang sistem perizinannya, kasih batas waktu agar mereka serius mengurus izin tambang,” jelas Ahmad.

Lebih lanjut, Ahmad juga meminta sistem pengawasan ditingkatkan agar pertambangan liar tak berizin bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan. “Setelah itu sistem pengawasan dan penindakan juga harus optimal, sehingga minimnya petugas lapangan pengawasan dan inspektur pengawasan tambang harus bisa diatasi,” ujarnya.

Irwansyah

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!