Buta Aksara Capai 38.354 Ribu, Disdikpora Bantah Data Fraksi Bintang Keadilan – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Buta Aksara Capai 38.354 Ribu, Disdikpora Bantah Data Fraksi Bintang Keadilan

ilustrasi (int)

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bulukumba membantah jika angka buta aksara di Bulukumba seperti yang diungkapkan Fraksi Bintang Keadilan DPRD sebanyak 38.354 ribu.

“Data yang disebutkan anggota dewan dari Fraksi Bintang Keadilan, Andi Pangerang mengacu ke Badan Pusat Statistik (BPS), padahal data kami (Disdikpora, red), hanya tersisa 19.991 saja,” kata Kepala Disdikpora Bulukumba, HA. Akbar Amier, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, jumlah buta aksara yang tersisa 19.990 itu adalah data tahun 2015 lalu. “Tahun 2016 ini kami pastikan semakin berkurang lagi, hanya saja saat ini (2016, red), masih dalam proses pengumpulan data,” katanya.

Lanjut Akbar, jumlah buta aksara semakin menurun sejak adanya peran lembaga desa dan kecamatan serta terbentuknya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang dikelola bagian Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Disdikpora.

“Kan sudah ada PKBM, makanya angka buta aksara bisa ditekan. PKBM itu memang bertugas mengurangi buta aksara dan terbukti, setiap tahun jumlah buta aksara terus mengalami penurunan,” ungkap Akbar Amier.

Sejak dibentuknya PKBM, lanjut Akbar, komitmen menurunkan angka buta aksara memang menjadi target. Bahkan target tertinggi yakni menghapus buta aksara bisa terealisasi karena sudah dianggarkan melalui Dana Insentif Daerah (DID).

“2019 kami target jumlah buta aksara tidak ada lagi,” janjinya

To Top