Iksan Kunjungi Masyarakat Pulau Libukang – Radar Selatan

Radar Selatan

Jentago

Iksan Kunjungi Masyarakat Pulau Libukang

Pulau Libukang

RADAR SELATAN.CO.ID JENEPONTO — Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menyempatkan diri mengunjungi masyarakat di Pulau Libukang, Dusun Palameang, Kelurahan Bontorannu, Kecamatan Bangkala, Sabtu 20 Agustus. Dengan didampingi sejumlah pimpinan SKPD, Iksan menumpangi perahu nelayan.

Kedatangan orang nomor satu di Butta Turatea ini disambut gembira masyarakat setempat. Bahkan para murid sekolah dasar (SD) rela berdiri di bawah teriknya sinar matahir untuk menyambut kedatangan sang bupati dan bersalaman langsung.

Kasubag Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Setdakab Jeneponto, Taufik Jaja mengatakan, kunjungan bupati tersebut untuk mendengar langsung kebutuhan masyarakat setempat. “Bapak bupati ingin mendengar dan menerima langsung masukan dari masyarakat,” ungkapnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung sangat sederhana itu, seorang warga, Baharuddin mengungkapkan harapan besarnya kepada bupati. Menurutnya, warga Pulau Libukan sangat membutuhkan sarana air bersih dan fasilitas jamban (toilet). Dan yang terpenting, warga juga belum menikmati fasilitas penerangan atau listik.

“Kami di sini kesulitan air bersih dan WC karaeng (bupati, red). Listrik juga tidak ada,” ungkapnya di hadapan bupati.

Menanggapi hal itu, Bupati, Iksan Iskandar berjanji akan mengupayakan memenuhi kebutuhan masyarakat di pulau tersebut. Bahkan bapati berencana menjadikan pulau eksotis ini sebagai destinasi wisata bahari di Jeneponto.

“Insya Allah akan diupayakan. Tapi ini pulau sangat bagus dijadikan objek wisata,” kata Iksan.

Pulau Libukang sendiri merupakan pulau satu-satunya yang dimiliki Jeneponto dan dihuni lebih dari 116 jiwa, 68 kepala keluarga (KK) yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan dan petani budidaya rumput laut. Tercatat ada 58 rumah permanen yang dibangun di pulau seluas 5 km² dengan keliling 1,8 kilometer ini.

Jika dilihat, pulau memiliki keindahan yang tak kalah dengan pulau lainnya di Sulsel. Dengan pasir putih dan air yang jernih, menyerupai Pantai Bira di Kabuapten Bulukumba. Hanya saja, saat ini kondisi pulau tersebut tidak begitu terawat. Masih terdapat sampah yang berserakan di sekitar pulau. Di tambah lagi tidak adanya sarana air bersih dan masyarakat yang masih membuang hajat di sekitar pulau karena keterbatasan sarana.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!