Terkendala SK Bupati, Dana Desa Tritiro Mengendap – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Terkendala SK Bupati, Dana Desa Tritiro Mengendap

ilustrasi (int)

RADAR SELATAN.CO.ID BONTOTIRO  — Di saat desa lainnya mulai melaksanakan program, Desa Tritiro, Kecamatan Bontotiro, Kabuapten Bulukumba justru masih jalan di tempat. Pasalnya, hingga kini dana desa dari ADD (Alokasi Dana Desa) dan BDD (Bantuan Dana Desa) belum bisa dicairkan.

Kepala Desa Tritiro, Saeful Amar yang dikonfirmasi mengungkapkan, tertundanya pencairan dana desa untuk desanya dikarenakan belum keluarnya surat keputusan (SK) bupati terkait pencairan dana bantuan tersebut. Sementara SK bupati merupakan syarat mutlak untuk mencairkan dana bantuan desa tersebut.

“Belum ada (program, red), kami tidak bisa lakukan apa-apa tanpa anggaran,” bebernya, Senin 22 Agustus.

Saiful Amar mengaku, pihaknya memiliki sejumlah program yang siap dijalankan, sisa menunggu anggaran. Terutama program pembangunan infrastruktur desa yang tentunya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

“Sudah siap programnya, sudah kami bahas dari dulu jadi ada dana langsung kami jalankan,” tambahnya.

Program yang dimaksud, yakni pemasangan paving block, rabat beton, drainase, dan beberapa program-program lainnya. “Saya berharap sekali anggaran (dana desa, red) tersebut bisa cair secepatnya, karena beberapa desa lainnya sudah mencairkan (anggaran) dan menjalankan programnya,” imbuhnya.

Dari informasi yang diterimanya, Saiful Amar memperkirakan, dana bantuan untuk desanya sudah dapat dicairkan pekan ini. “Kalau tidak ada halangan SK (bupati) sudah keluar dalam waktu tiga hari ini, maka kami bisa mencairkannya juga,” harapnya. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!