40 Bidang di SKPD Masuk Daftar Perampingan – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

40 Bidang di SKPD Masuk Daftar Perampingan

ilustrasi (int)

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA — Pasca terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, khusus di Kabupaten Bulukumba sebanyak 40 bidang urusan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan dilebur sesuai hasil pemetaan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kemendagri sedang menggodok 40 bidang urusan digabung menjadi satu kesatuan instansi pemerintah khususnya di Kabupaten Bulukumba dan kami menunggu hasil pemetaan,” kata Kabag Organisasi Pemkab Bulukumba, Rudi Ramlan, Selasa, 23 Agustus 2016.

Dari hasil pemetaan tersebut, kata Rudi Ramlan, setiap kementerian menentukan dari scooring tipelogi. Saat ini gambarannya belum jelas SKPD mana saja yang akan dirampingkan yang jelas ada 40 urusan bidang. Misalkan untuk Dinas Pendididikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dipisah jadi Dinas Pemuda dan Olahraga karena masing-masing SKPD tersebut memiliki tipe A kemudian Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) bergabung dengan Dinas Kehutanan, dan Dinas Perkebunan bergabung dengan Dinas Pertanian dan Satpol PP gabung pemadam kebakaran (Damkar).

“Tapi penetapannya tetap kami dorong ke DPRD Bulukumba sekaligus dibuatkan perda,” ujarnya.

Lanjut Rudi, tujuan perampingan SKPD adalah menghemat porsi anggaran dan bisa dipergunakan sesuai dengan bobot kerja dan ketika SKPD berada di bobot pelayanan dengan scoring 400 keatas itu masuk sebagai tipe C, 600 keatas tibe B dan 800 keatas masuk sebagai tipe A sedangkan 900 keatas itu masuk A plus.

“Hal ini merupakan program pemerintah dan berlaku secara nasional di pemerintah kabupaten,” tutupnya.

To Top