Legislator Senayan ini Janji Perjuangkan Petani Garam – Radar Selatan

Radar Selatan

Jentago

Legislator Senayan ini Janji Perjuangkan Petani Garam

TAMPUNG ASPIRASI. Anggota Komisi VII DPR RI, Muktar Tompo berbincang dengan Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar di rumah jabatan bupati, Rabu 24 Agustus kemarin. Muktar berjanji akan memperjuangkan pengembangan produksi garam di daerah ini.

REPORTER: DEDI
EDITOR: SUPARMAN

RADAR SELATAN.CO.ID JENEPONTO — Anggota Komisi VII DPR RI, Muktar Tompo berkunung ke Kabupaten Jeneponto, Rabu 24 Agustus kemarin. Kedatangan wakil rakyat Senayan ini didampingi Dirjen Penguatan Inovasi Menristekdikti, Jumain Appe, dan Ka Biro Perencanaan Badan Penelitian dan Pengembangan Tehnologi (BPPT) RI, Makmuri.

Kedatangan para petinggi ini disambut langsung Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar dan sejumlah pimpinan SKPD di rumah jabatan bupati. Dalam sambutannya, Muktar Tompo mengaku kagum dengan konsistensi petani tebu dan garam di Jeneponto, terutama petani garam yang hingga kini tetap memproduksi garam meski hanya menggungakan alat tradisional.

Kunjungan kali ini akan dimanfaatkan untuk melihat langsung potensi produksi gula dan garam di Jeneponto, sekaligus mendengarkan dan menyerap aspirasi masyarakat dan pemerintah daerah kemudian dibahas di Senayan. “Hasil kunjungan kami bahas bersama dengan BPPT tentang penelitian garam Jeneponto sesuai petunjuk langusung Pak Wapres RI, Jusuf Kalla,” kata Muktar Tompo.

Sementara itu, Kasubag Humas Setdakab Jeneponto, Taufik Jaja mengungkapkan, potensi produksi garam di Butta Turatea memang cukup besar. Ada dua wilayah yang menjadi pusat produksi garam yang masih menggunakan sistem dan alat tradisional, yakni Kecamatan Bangkala dan Tarowang.

“Dua kecamatan ini mempu memproduksi garam hingga 5.000 ton per tahun dengan luas lahan produktif 622 hektar. Hebatnya, pengolahannya masih menggunakan cara-cara tradisional,” jelasnya.

Pemkab, lanjut Taufik, menaruh harapan besar kepada pemerintah pusat dalam mendukung dan membantu pengembangan produksi garam di daerah ini.

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!