Negara Jamin Pendidikan Hingga 21 Tahun – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Negara Jamin Pendidikan Hingga 21 Tahun

ilustrasi (int)

RADAR SELATAN.COID BULUKUMBA — Tahun 2016 ini, Negara Republik Indonesia menjamin pendidikan masyarakat mulai umur 6 tahun hingga 21 tahun di seluruh jenjang pendidikan.

Hal itu merupakan program Pemeritah RI dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu besaing dengan negara lain.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bulukumba, Asnarti Culla mengungkapkan jika saat ini pemerintah semakin memantapkan diri untuk mendukung pencerdasan anak bangsa, terbukti dengan diterbitkanya Program Indonesia Pintar (PIP) oleh pemerintah yang menjamin pendidikan bagi anak usia 6 hingga 21 tahun.

Meski menurut Asnarti, PIP masih merupakan perluasan program Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang diganti dengan nama PIP. Untuk keunggulan PIP dibandingkan BSM, Asnarti menjelaskan jika PIP membiayai seluruh jenjang asalkan usia anak masih dibawah umur 21 tahun.

“Termasuk sekolah yang tidak formal, akan dibiayai oleh pemerintah,” ujarnya.

Untuk 2016 ini, wanita yang akrab disapa Narti itu mengaku jika pemerintah pusat telah mengeskakan di tingkat Sekolah Dasar (SD) yang mendapatkan PIP sebanyak 3066 siswa, di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 1108, dan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 1419 siswa dengan total keseluruhan sebanyak 5593 siswa.

Dalam petunjuk tekhnis PIP, untuk jenjang SD, Asnarti menjelaskan kelas 1 mendapatkan Rp 225 ribu persemester, sedangkan kelas 2, 3, 4, 5 dan 6 diberikan dana sebesar Rp 450 ribu untuk 2 semester.

Sedangkan untuk tingkat SMP kelas 7 mendapatkan Rp 375 ribu setiap semesternya, sedangkan kelas 8 dan 9 Rp 750 ribu untuk satu tahun.

Sedangkan untuk tingkat SMA  kelas 10 diberikan Rp 500 ribu persemeter, kelas 11 dan 12 diberikan Rp 1 juta pertahun.

“Anak usia yang dibawah 21 tahun dan mengikuti pendidikan nonformal juga mendapatkan uang Rp 1 juta,” ujarnya. (awa/wan/

To Top