Enam Bulan Air Tidak Mengalir, Masyarakat Ulugalung Demo PDAM – Radar Selatan

Radar Selatan

Bantaeng

Enam Bulan Air Tidak Mengalir, Masyarakat Ulugalung Demo PDAM

PROTES. Sejumlah masyarakat Kampung Barayya berorasi di depan Kantor PDAM Kabupaten Bantaeng. Dalam Tuntutannya, mereka mendesak perbaikan Pelayanan PDAM dan memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat

REPORTER: ANJAR S MASIGA
EDITOR: SUPARMAN

RADAR SELATAN.CO.ID BANTAENG — Puluhan masyarakat dari Kampung Barayya, Desa Ulugalung menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kabupaten Bantaeng, Jumat, 26 Agustus. Aksi ini sebagai bentuk kekecewaan terhadap pelayanan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kabupaten Bantaeng akibat tidak mengalir selama enam bulan.

Koordinator Aksi, Yuda Jaya mengatakan, masyarakat sangat kecewa atas pelayanan PDAM dan menuntut untuk segera memenuhi kebutuhan air bersih dalam tujuh hari. Masyarakat berharap PDAM menerapkan pasal 33 ayat 3 dalam UUD 1945 mengenai tanah dan air dikuasai pemerintah dan dipergunakan untuk kemakmuran rakyat. Jika tuntutannya tidak dapat dipenuhi, mereka sepakat untuk menutup IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yang ada di Bonto-bonto, Desa Ulugalung. Serta akan membongkar pipa induk yang melintas di Kampung Barayya.

“Masyarakat tidak mendapat pelayanan air bersih selama enam bulan. Padahal ini kebutuhan dasar dan mendesak, jika tuntutan tidak dipenuhi masyarakat akan melakukan aksi lebih lebih besar,” tegasnya.

Direktur PDAM Bantaeng, Andi Nurjaya yang dikonfirmasi mengakui air tidak mengalir di kampung tersebut hanya saja tidak sampai enam bulan lamanya. Suplai air yang tidak lancar disebabkan beberapa pengerjaan yang masih berjalan akibat kebocoran sejulah pipa. Saat ini pengerjaan yang masih berlangsung seperti di Bonto-bonto dan Tombolo Eja, Sinoa yang bisa menyuplai kapasitas produksi dari kepentingan pelanggan PDAM.

“Soal enam bulan itu kan versi mereka, ada hanya kapasitas kecil. Kendala kita yang lain itu sering mati lampu sementara kita kan pompanisasi,” jelasnya.

Pihaknya berjanji mengupayakan sesegera mungkin untuk perampungan perbaikan dan optimis dalam sepekan dapat mengalirkan air bersih ke Kampung Barayya dan memenuhi tuntutan masyarakat. “Tuntutan masyarakat akan dijawab dengan kinerja, kita melakukan pengerjaan sesuai tupoksi,” katanya. (jar/man)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!