Desa Topanda Bersama Dinkes Gelar Sosialisasi PHBS – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Desa Topanda Bersama Dinkes Gelar Sosialisasi PHBS

RADAR SELATAN.CO.ID TOPANDA  — Puluhan kepala keluarga (KK) yang bermukim di Dusun Mattirowalie, Desa Topanda, Rilauale, mengikuti sosialisasi Prilaku Hiduo Bersih dan Sehat (PHBS) yang digelar Pemerintah Desa Topanda, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bulukumba.

Kepala Desa Topanda, Andi Jemma kepada Radar Selatan, kegiatan itu sendiri berlangsung Jumat lalu, dengan melibatkan puluhan warga desanya dan Dinas Kesehatan. Disadari pihaknya, khusus warga dusun Mattirowalie, masih terdapat sejumlah warga yang masih rendah dalam berpilaku hidup sehat. Itu bisa dilihat dari masih ditemukanya warga yang menbuat hajat di kebun ataupun disungai-sungai. Padahal pemerintah desa sendiri telah menyerahkan bantuan 20-an klosek dan item lainnya dalam pembuatan WC keluarga kepada sejumlah warga.

“Hanya saja saya lihat bantuan itu, didimpan saja tapi tidaj dipakai. Masih menggunkan sumur panjang (sungai,red) kalau buat hajat,” ujarnya.

Olehnya dengan dasar inilah pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk dilakukan sosialisasi PHBS dengan harapan, agar masyarakat mampu mengubah kebiasaan lamanya menjadi pribadi atau kelompok yang sadar akan lingkungan yang sehat dan bersih. Andi Jemma mengatakan dengan menerempakan prilaku hidup sehat, akan menghindarkan warga dari berbagai ancaman penyakit.

“Alhamdulillah warga serius dan berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan bersama Dinas Kesehatan, yah kita berharap setelah sosialisasi ini, warga bisa sadar dan kembali ke lingkunganya dengan menerapkan pembelajaran yang di dapatkan dalam sosialisasi itu. Intinya begini kesehatan itu mahal, makanya sejak dini kita harus antisipasi,” ujarnya. (Faj)
———

To Top