Habitat Buaya di Ela-ela Terganggu – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Habitat Buaya di Ela-ela Terganggu

drh. Mizwar Amansyah/Dokter Hewan

REPORTER: ANJAR SUMYANA MASIGA
EDITOR: HASWANDI ASHARI

RADAR SELATAN..CO.ID BULUKUMBA — Fenomena kemunculan buaya di pesisir Pantai Ela-ela, Kabupaten Bulukumba terus menarik perhatian warga yang penasaran ingin melihat langsung binatang reptil tersebut.

Pemandangan langka ini tentu tanpa sebab. Apalagi, sang predator ini sangat jarang muncul di depan publik, khususnya di pesisir pantai.

Dokter Hewan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Bulukumba, drh. Mizwar Amansyah menjelaskan, ada beberapa faktor yang memancing buaya muncul ke daratan, terutama di tempat yang tak lazim seperti pesisir pantai atau di permukiman warga. Namun yang paling sering terjadi adalah dipicu berkurangnya sumber makanan di habibat aslinya.

“Biasanya faktor makanan. Kalau di habibat asalnya sumber makanan mulai berkurang atau bahkan hilang, pasti hewan termasuk buaya mencari makanan di tempat lain. Atuakah faktor lainnya, karena terganggu oleh aktivitas manusia,” jelasnya.

Apalagi, kata Mizwar, saat ini sedang ada pengerjaan proyek pembangunan tanggul di sepanjang pesisir Pantai Ela-ela. “Mungkin saja begitu, karena terganggu suara mesin ataukah sarang mereka tidak jauh dari lokasi proyek. Saya juga belum lihat secara langsung buayanya, tapi itu kemungkinan buaya muara (sungai) yang ada di sungai dekat-dekat sana (Ela-ela, red),” tambahnya.

Meski belum ada laporan adanya gangguan atau korban dari sang predator berdarah dingin itu, Mizwar tetap mengingatkan warga untuk tidak coba-coba mengganggu apalagi mendekatinya.

“Karena buayakan termasuk binatang buas, jadi akan berbahaya jika didekati. Kami akan coba lihat dulu kondisinya, baru kita bisa simpulkan seperti apa yang sebenarnya terjadi,” tutupnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!