Transparansi, Desa Kambuno Umumkan Anggaran Menggunakan Baliho – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Transparansi, Desa Kambuno Umumkan Anggaran Menggunakan Baliho

FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN TRANSPARANSI. Dua buah baliho berukuran kecil yang berisi program kerja dan rincian anggaran dana desa dipajang di halaman Kantor Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah desa dalam hal transparansi anggaran dana desa.

RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMPA — Sebagai bentuk komitmen terhadap transparansi, Pemerintah Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa, memanjang rencana dan rincian pengelolaan anggaran dana desanya, baik BDD (Bantuan Dana Desa) maupun ADD (Alokasi Dana Desa). Pengumuman dalam bentuk baliho itu di pajang di halaman kantor desa setempat.


Kepala Desa Kambuno, Syahrullah menjelaskan, langkah ini dilakukan bukan tanpa alasan. Dia menginginkan masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan di desanya dengan menjadi pengawas atau pengontrol pengelolaan anggaran yang ada.


“Dana desa itu tidak sedikit, ada ratusan juta. Kami tidak mau warga berfikiran macam-macam. Jadi saya berinisiatif pasang spanduk yang berisikan rincian anggaran,” terangnya.

Meski demikian, niat baik tak selamanya dianggap baik. Syahrul mengaku, pengumuman rincian anggaran yang dipajang pasca dirinya dilantik sebagai kepala desa beberapa bulan lalu, pro dan kontrapun muncul di masyarakat.



“Sempat ada pro dan kontra, tapi kami tidak terlalu memperhatikan itu, yang terpenting tujuan kami baik. Kami mau transparansi anggaran, itu saja,” tegasnya.


Langkah ini diklaim masih jarang dilakukan di desa lainnya. “Kalau langkah kami ini memotivasi desa-desa lain untuk melakukan hal yang sama. Alhamdulillah setidaknya kami menjadi salah satu desa yang menjadi pelopor transparansi anggaran,” ucapnya. 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!