Dissonakertrans Bantaeng Pulangkan Jenazah TKI Malaysia  – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bantaeng

Dissonakertrans Bantaeng Pulangkan Jenazah TKI Malaysia 

SERAHKAN JENAZAH. Kepala Dissonakertrans Bantaeng, Syahrul Bayan bersama pemerintah setempat saat melakukan pengurusan pemulangan jenazah TKI, Moring Baddu, yang meninggal di Malaysia.

BANTAENG, RADAR SELATAN — Dinas Sosial, Ketenaga Kerjaan, dan Transmigrasi (Dissonaketrans) Kabupaten Bantaeng berhasil memulangkan jenazah, Morin Baddu, seroang TKI (Tenaga Kerja Indonesia) asal Desa Kaloling, Kecamatan Gantarang Keke, Kamis 1 September. Moring Baddu meninggal di Malaysia pada 16 Agustus lalu. 


Kepala Dissonakertrans Bantaeng, Syahrul Bayan mengatakan, pihaknya telah melakukan penelesuran data, dan penyebarluasan informasi sampai ke Kementrian Luar Negeri (Kemenlu), Kementrian Sosial (Kemensos), Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker), dan BP3TKI Makassar. Kebenaran informasi tersebut, baru terkonfirmasi secara detail dan resmi setelah mendapatkan surat penyampaian dari KJRI Kuching pada 25 Agustus lalu. 



Dissonakertnas beserta tim juga telah melakukan kunjungan ke rumah almarhum dan fasilitasi beberapa surat pernyataan untuk selanjutnya dikirim ke Malaysia Kemenlu RI. “Kami sudah maksimalkan koordinasi ke semua pihak, termasuk team kerja Kemenlu RI di Malaysia tepatnya Kuching, dan alhamdulillah kami telah mendapatkan kepastian prosesi pemulangan TKI Moring Baddu pada 30 Agustus 2016,” ungkapnya.



Prosesi pemulangan, urai Syahrul, dimulai dari pemberangkatan dari RS. Bintulu menuju Sibu dan diterbangkan ke Kuala Lumpur via Malaysia Airlines pada 31 Agustus 2016. Selanjutnya via Garuda Indonesia pada hari ini pada 1 September 2016 pukul 08.00 waktu Malaysia ke Jakarta. Dan lanjutkan dengan Garuda Indonesia GA 610 pada pukul 15.15 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pukul 18.45 WITa.


“Kami sudah melakukan komunikasi intens dengan keluarga, pemerintah setempat, tim kerja UPT Sipakatau, BP3TKI Makassar, tentang jadwal ini,” katanya.

Berita duka tersebut, katanya telah diterima pihaknya pada 16 Agustus lalu, sekira pukul 12.45 wita. Kabar ini disampaikan melalui telepon oleh Drs. Hasanuddin (Kepala Desa Kaloling). “Dari laporan ini, melalui Tim Kerja Pelayanan TKI Bantaeng yang telah terbentuk sejak Juni 2011 lalu ini, melakukan penelusuran data dan informasi, tentang keterangan almarhum Moring Baddu yang berpaspor A7403282,” jelas Syahrul yang juga Kepala Sekretariat UPT Sipakatau.


Dari hasil penelusuran ini, katanya, almarhum yang lahir pada 5 Juli 1975 diketahui beralamat di Dusun Lele Lompo, Desa Kaloling. TKI tersebut Bantaeng sejak 5 Mei 2014 lalu.

To Top