FJS Kutuk Kekerasan Terhadap Jurnalis – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

FJS Kutuk Kekerasan Terhadap Jurnalis

KETUA Forum Jurnalis Selatan, Suparman

RADAR SELATAN .CO.ID BULUKUMBA — FJS (Forum Jurnalis Selatan) turut mengutuk aksi kekerasan pada dua pewarta yang dilakukan oleh oknum Satpam UIN Samata, Kabupaten Gowa.

Keduanya jurnalis yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan ini terjadi saat bertugas meliput aksi unjuk rasa terkait pembayaran SPP di Kampus UIN Samata yang berakhir ricuh, Kamis, 1 September 2016. 

Ketua FJS, Suparman mengatakan, aksi kekerasan yang dialami kedua rekan jurnalis yakni Imran dari VE Channel, dan Muchlis dari GO TV harus diusut tuntas oleh pihak kepolisian.

Tindakan yang dilakukan oleh petugas keamanan kampus UIN Alauddin bukan hanya kekerasan terhadap wartawan namun menghalangi kerja jurnalis dengan menyuruh kedua korban untuk menghapus gambar yang telah direkam.


“Kami mengutuk keras tindakan kriminal ini dan mendesak pelaku diproses sesuai hukum yang berlaku,” ujarnya.


Menurutnya, tindakan yang dilakukan oknum satpam itu, merupakan pelanggaran terhadap konstitusi sebagaimana yang diatur dalam UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Aksi ini juga menciderai cita-cita demokrasi dengan menekan kebebasan pers.



“Yang memprihatinkan, ini terjadi di areal kampus, notabene tempat mendidik dan bermoral,” sesalnya.


Sekertaris FJS, Eno Mashyudin menegaskan, apapun alasannya, tindakan petugas keamanan kampus tersebut merupakan pelanggaran. Sebab terjadi saat jurnalis tengah menjalankan tugas.


“Bagaimana pun situasi dan kondisinya, aparat tidak berhak melarang, ataupun mengintervensi pekerjaan atau peliputan yang dilakukan teman-teman wartawan. Apalagi ini hanya liputan demo,” tegasnya. 

To Top