Bantuan Bibit Kentang di Bantaeng Dianggarkan Rp 250 Juta – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bantaeng

Bantuan Bibit Kentang di Bantaeng Dianggarkan Rp 250 Juta

RADAR SELATAN.CO.ID BANTAENG — Sebanyak lima kelompok tani yang tersebar di lima desa di Kecamatan Uluere akan mendapatkan bantuan bibit kentang dari pemerintah. Bantuan yang dianggarkan dari APBN senilai Rp 250 juta berdasarkan pagu paket yang tertera di LPSE (Layanan Pengadaan Secara Eletronik) Kabupaten Bantaeng untuk penanaman lahan seluas 20 ha.

“Untuk tahun ini kita ada bantuan dari pusat dana tugas pembantuan untuk lima kelompok. Bibit kentang di daerah pengembangan di Uluere,” ungkap Kepala Bidang Holtikultura di Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Bantaeng, Kamra, Rabu, 7 September 2016.

Menurut Kamra, kentang merupakan salah satu komoditas andalan tanaman holtikultura yang dikembangkan di daerah pegunungan tersebut. Bahkan sudah disuplai hingga ke luar pulau bersama komoditas lainnya yang dikembangkan seperti kubis dan bawang. Untuk pengembangan sendiri dilakukan di lima desa masing-masing Desa Bontorannu, Bontolojong, Bontodaeng, Bontokaraeng.

“Itu berbagai komoditas andalan kami untuk pengembangan sayuran di dataran tinggi. Selain sayuran juga telah dikembangkan tanaman hias,” ujarnya.

Dijelaskan Kamra, untuk pengembangan, dilakukan tiga musim tanam mulai Oktober-November dipanen pada Februari. Kemudian penanaman Februari dipanen Mei dan penaman Juni. “Kalau bulan sembilan (September, red) seperti sekarang itu masuk kemarau jadi penaman tidak dilakukan,” katanya

To Top