Desa Tugondeng Butuh Wadah Pasarkan Gula Merah – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Desa Tugondeng Butuh Wadah Pasarkan Gula Merah

HERLANG, RADAR SELATAN.CO.ID  — Desa Tugondeng, Kecamatan Herlang, merupakan salah satu desa penghasil gula merah terbesar di Kabupaten Bulukumba. Namun potensi tersebut belum berkembang dengan baik karena terhambat dalam hal pemasaran.

Kepala Desa Tugondeng, Sirajuddin menjelaskan, untuk memasarkan komoditi andalan desanya, warga masih mengandalkan jasa tengkulak. Bahkan tak jarang warga atau pengrajin gula merah memasarkan langsung hasil produksinya ke pasar tradisional.

“Kalau mengandalkan tengkulak, kan tidak seberapa hasilnya yang diperoleh warga kasina. Bahkan mereka juga biasa yang langsung ke pasar menjual langsung,” ungkapnya, Rabu 6 September.

Sirajuddin berharap pemerintah daerah memberikan perhatian khusus kepada pengrajin gula merah di desanya. Karena menurutnya, potensi tersebut merupakan aset daerah yang penting untuk dilestarikan.

“Kalau bisa pemerintah mencarikan peluang pasar atau mitra untuk pengrajin gula merah. Kalau ada seperti itu, tidak pusingmi cari pembeli karena jelaski. Tidak perlu lagi mengandalkan tengkulak yang membeli dengan harga murah,” harapnya.

Pemerintah desa sendiri, lanjut Sirajuddin, berencana akan mengembangkan produksi gula merah melalaui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Rencananya nanti di BUMDes itu membantu warga dalam hal pemasaran, modal, dan lainnya. Insya Allah tahun depan mungkin sudah terbentuk,” jelasnya.

Dikonfirmasi, Humas Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, dan Energi (KP3E) Bulukumba, Muhammad Aris menjelaskan, pemerintah hanya bertugas sebagai fasilitator saja. “Kita hanya mempromosikan saja bahwa di Bulukumba ada seperti ini (produksi gula mereah, red). Termasuk promosi dalam event-event nasional dan pembinaan bagi pengrajin gula merah. Insya Allah kita mengupayakan bagaiman agar gula merah kita bisa dilirik masyarakat dari luar daerah juga,” ujarnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!