Napi Narkoba Dominasi Penghuni Lapas – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Napi Narkoba Dominasi Penghuni Lapas

ilustrasi (int)
RADAR SELATAN.CO.ID BULUKUMBA — Hingga September 2016, Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas II B Taccorong, dihuni 249 narapidana yang terdiri dari pidana umum 149 orang dan pidana khusus sebanyak 100 narapidana.
Kepala Lapas Taccorong, Haru Sutiono menjelaskan, pidana umum yang dimaksud adalah, pelanggaran hukum seperti, kekerasan, pencurian, penganiayaan, penipuan dan sebagaianya. Sedang pidana khusus sendiri termasuk kasus penyalahgunaan narkoba dan kasus korupsi. Dari jumlah napi yang ada, dapat dirinci jumlah pidana umum sebesar 149 narapidana, sedang narapidana kasus korupsi ada tiga orang, dan kasus narkoba paling mendominasi penghuni lapas yaitu 97 orang.
“Banyak hal yang kita lakukan untuk membina para napi diantaranya, melakui kegiatan keagamaan, sosial, seni, melatih kreatifitas dengan menghasilkan produk-produk olahan rumah tangga,” ujarnya.
Pembinaan itu sendiri bertujuan untuk memberikan bekal dan keterampilan baik secara  moral, etika dan potensi diri, sehingga jika selesai menjalani masa hukuman dan kembali ke masyarakat tidak lagi mengukang perbuatan yang sama dan pelanggaran pidana lainnya.
“Kita juga terus memberikan motivasi kepada napi untuk terus menunjukkan sikap yang baik. Bisa melalui pemberian reward atau hadiah, bahkan pemberian remisi,” pungkasnya.
Muh Ramli, bagian Admistrasi LP Taccorong, menjelaskan, tiga napi kasus korupsi adalah, Haeruddin yang merupakan pejabat di Dinas Kesehatan, Mantan Kepala Desa Bontotangga, dan A Siti Hamzah, yang merupakan napi kasus korupsi Kredit Usaha Tani (KUT) tahun 1999.
“Kalau yang ibu Siti Hamzah ini, baru masuk beberapa waktu lalu, jadi kasusnya sudah lama,” jelasnya.
To Top