Puskesmas Banyorang Dipersiapkan jadi Rumah Sakit – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bantaeng

Puskesmas Banyorang Dipersiapkan jadi Rumah Sakit

REPORTER: ANJAR S MASIGA
EDITOR: SUPARMAN

RADAR SELATAN.CO.ID BANTAENG — Untuk mendekatkan layanan kesehatan pada masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng akan melakukan konversi Puskesmas Banyorang menjadi RS (Rumah Sakit) tipe D. Agar rencana tersebut terlaksana, Puskesmas Pembantu (Pustu) Labbo disiapkan menjadi puskemas pengganti di Kecamatan Tompobulu.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr. Andi Ihsan mengatakan, saat ini tengah dilakukan uji kelayakan untuk berlih menjadi RS. Bahkan sudah ada UKL-UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup) telah dimiliki pihaknya.

“Jika seluruh persiapan berjalan dengan baik, termasuk Pustu Labbo yang dikonversi jadi puskesmas sebagai persyaratan maka kemungkinan bisa berjalan Oktober dengan anggaran yang ada,” ungkapnya, kemarin.

Untuk menyiapkan segala yang dibutuhkan, kata dr Ihsan, mulai dari sarana prasarana harus disiapkan diupayakan pengadaan tahun ini. “Bajet yang disiapkan kurang lebih Rp 1 sampai 2  miliar. Ini termasuk untuk insentif dokter, jasa medis, dan fungsional,” jelasnya.

Pustu Labbo sendiri, lanjutnya, akan dilakukan pembangunan fisik yang menelan anggaran APBD seperti yang tertera di LPSE Rp Rp 616 juta. Sementara untuk SDM, pihaknya untuk sementara dapat mengarahkan dari Puskesmas Banyorang, namun hal tersebut akan dikonfirmasi kembali.

To Top