51 Nyawa Melayang di Jalan – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

51 Nyawa Melayang di Jalan

ilustrasi (int)
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Sepanjang Januari-Agustus 2016, tercatat sebanyak 51 nyawa orang melayang di jalan. Itu berdasarkan data Satlantas Polres Bulukumba, Jumat, 9 September.
Untuk jumlah kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di daerah ini, sepanjang Januari-Agustus sebanyak 246 kasus. Dari jumlah kasus itu sebanyak 51 orang kehilangan nyawa, lima orang mengalami korban luka berat dan 332 orang luka ringan. Sedangkan total kerugian materil akibat lakalantas itu ditaksir lebih dari Rp 186.500.000.
“Kesadaran individu pengendara sangat mempengaruhi terjadinya kecelakaan karena kurangnya kesadaran masalah tata tertib berlalu lintas. Seperti saat berkendaraan tidak memakai kelengkapan berkendaraan, dalam kondisi mabuk, dan serta kurang memperhatikan kondisi dari kendaraan sebelum melakukan perjalanan,” terang Kasat Lantas Polres Bulukumba, AKP Harina Azis.
Harina menjelaskan, terkait dengan kondisi jalan dan rambu-rambu lalu lintas, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bulukumba, agar sebagian lokasi dipasang atau ada pembenahan secara bertahap.
Namun masalah fasilitas yang sudah ada memang belum maksimal mengingat saat malam hari sebagian besar jalan raya tidak memilki fasiltas penerangan.
“Semoga ke depan fasilitas penerangan untuk memaksimalkan fasilitas jalan raya segera menjadi perhatian bagi pemerintah selaku penyedia fasilitas. Sebaliknya Polres Bulukumba akan terus mengintensifkan sosialisasi berupa imbauan kepada penguna jalan agar lebih sadar lalu lintas, baik melalui media baliho atau spanduk,” katanya.
To Top