Mantap, DKP Siapkan Rp 1 Miliar Bantuan Rumput Laut – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bantaeng

Mantap, DKP Siapkan Rp 1 Miliar Bantuan Rumput Laut

REPORTER: ANJAR S MASIGA
EDITOR: SUPARMAN

BANTAENG,RADAR SELATAN.CO.ID — Tahun ini Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Bantaeng menggarkan Rp 1,023 miliar untuk bantuan penjemuran rumput laut di tiga titik. Anggaran pengadaan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebagai program percontohan untuk meningkatkan kualitas rumput laut di Bantaeng.

Kepala DKP, Dimiati N mengatakan, tiga titik yang menjadi lokasi penjemuran di Pajukkukang satu titik, dan di Bisappu dua titik. “Bantuan tahun ini penjemuran demi peningkatan kualitas. Jadi ini akan menjadi contoh agar masyarakat tidak lagi menjemur di pasir,” ujarnya, Jumat, 9 September.

Rumput laut di Bantaeng, katanya, merupakan salah satu komoditas unggulan khususnya bagi masyarakat pesisir. Potensi yang cukup besar untuk bididaya seluas 5.000 Ha namun yang digarap untuk budidaya sampai sekarang masih 3.000 ribuan.

“Kita harapkan rumput laut ini dapat memajukan perekonomian tentu dengan peningkatan kualitas dan sosialisasi karena sampai sekarang masih banyak petani yang menjemur di pasir,” jelasnya.

Kendala dalam peningkatan kualitas ini, menurutnya karena perbedaan harga yang tidak mencolok antara yang dijemur di pasir dan para-para. Seperti penjualan saat ini, harga rumput laut kering Rp7.600 /kg maka harga untuk yang dijemur di pasir Rp 7.500/kg.

“Yang penting kita upayakan peningkatan kualitas dulu sambil jalan untuk sosialisasi bagaimana supaya pedagang dapat membeli dengan harga tinggi karena kualitasnya,” katanya.

To Top