GAM dan Warga Tutup Tambang Ilegal Milik Oknum Polisi – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

GAM dan Warga Tutup Tambang Ilegal Milik Oknum Polisi

RADAR SELATAN, BULUKUMBA.CO.ID — Maraknya pertambangan ilegal di Bulukumba, membuat sejumlah pihak geram, tak terkecuali mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Makassar (GAM) dan warga di Desa Taccorong. Rabu 14 September, menggelar aksi dikantor Polres Bulukumba, Sekaligus menutup tambang milik oknum Polisi.

Sekitar 20 aktifis GAM dibantu warga Desa Taccorong, menggelar aksi, mereka menuntut agar pertambangan yang ada di Bulukumba, khususnya tambang yang beroperasi di Desa Taccorong milik oknum anggota polisi segara di tutup dan pemiliknya ditindak sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku.

Penglima GAM, Adi Puto Palasa, menjelaskan kalau tambang ilegal yang beroperasi di Bulukumba, mayoritas tak mengantongi izin, mulai tidak adanya Izin Usaha Pertambangan (IUP), dan dinilai telah melanggar PP No 23 tahun 2010, tidak hanya itu aktifitas pertambangan milik oknum polisi tersebut juga telah melanggar UU No 11 tahun 1967 Junto UU No 4 tahun 2009 tentang pertambangan.

“Polisi jangan tebang pilih dalam menindak meski anggotanya, apalagi si oknum ini sudah di lapor ke Propam tapi belum ada tindak lanjut, kalau sampai tidak ada tindak lanjut kami akan turun lagi, “jelasnya.

Menurutnya, aktifitas pertambangan khsusunya di Desa Taccorong juga di Kecamatan Ujungloe sudah sangat memprihatinkan karena beberapa diantaranya sudah membentuk danau buatan. “, kalau sampai tidak ada tindaklanjut, kami akan menggelar aksi di Polda, dan akan meminta pertanggunjawaban Polres Bulukumba dan juga dinas terkait,”ancamnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!