”Pemohon Gigit Jari”, Blanko E-KTP Habis – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

”Pemohon Gigit Jari”, Blanko E-KTP Habis

ilustrasi (int)

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Para pemohon Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Kabupaten Bulukumba kembali harus gigit jari. Alasannya, stok keping blanko E-KTP kembali dalam keadaan kosong.

“Blankonya (E-KTP) hari ini habis. Sementara menunggu dulu distribusi blanko dari pusat,” kata Kasi Pencacatan Kartu Keluarga dan KTP, Agussalim, Selasa, 13 September 2016.

Terjadinya kekosongan stok blanko E-KTP adalah kali kedua sejak target perampungan E-KTP diberlakukan.

“Kemarin kita mendapatkan 2 ribu keping blanko dan hari ini habis (Selesa, red). Nanti kita laporkan kebutuhannya berapa, dicetak berapa, rusak berapa. Yang siap diprint yang kita mintakan ke pusat,” jelas Agussalim.

Meski stok blanko E-KTP kosong, Disdukcapil tetap memberikan pelayanan bagi warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan. Pihaknya juga mengeluarkan surat keterangan perekaman E-KTP yang berlaku hingga pemohon menerima hasil pencetakan E-KTP.

“Dalam surat keterangan itu ada tanda tangan dari kepala dinas yang menyatakan pemohon telah merekamkan data kependudukan dan masih dalam proses pencetakan. Surat keterangan ini bisa digunakan apabila untuk layanan mendesak seperti mencari SIM, urusan di bank, BPJS dan lain sebagainya. Namun surat ini bukan sebagai identitas pengganti atau KTP sementara,” katanya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!