43 Pria Ikut Program KB – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

43 Pria Ikut Program KB

Kamaludddin

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Bulukumba merilis realisasi program Keluarga Berencana (KB) bagi pria mulai Januari hingga Agustus sebanyak 2180 orang dari dua alat kontrasepsi.

Program yang membudayakan dua anak cukup tersebut menggunakan dua alat kontrasepsi yakni kondom dan Metode Operasi Pria (MOP). Dimana pria yang menggunakan alat kontrasepsi jenis kondom sebanyak 2065 sedangkan jenis MOP 43 orang Januari hingga Agustus tersebar di seluruh kecamatan.

Kasubid Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BPPKB Bulukumba, Kamaludddin mengatakan untuk saat ini alat kontrasepsi yang banyak dipakai pria yakni kondom karena lebih mudah digunakan sedangkan MOP itu prosesnya melalui operasi urat di bagian kelamin dengan mengikat saluran sperma guna mencegah terjadinya sperma masuk ke rahim.

“Untuk MOP dia melalui operasi, kelebihannya mampu menghilangkan prostat dan meningkatkan kekuatan seksualitas,” katanya, Kamis, 15 September 2016.

Dia mengaku, 20 September mendatang satu pria diagendakan akan menjalankan program MOP hanya saja tempat operasinya berada di Kabupaten Jeneponto karena dilakukan secara massal sebanyak 20 orang dari beberapa kabupaten.

“Program MOP dijamin mencegah kehamilan sekitar 99 persen, itu diambil kalau memang keluarga sudah tidak mau menambah keturunan. Karena kalau sudah dipasang dan mau dibuka kembali ongkosnya sekitar Rp15 juta,” cetusnya.

Lanjut dia, sampai saat ini program KB rutin disampaikan kepada masyarakat melalui petugas di masing-masing UPTD tersebar di sepuluh kecamatan. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!