Catat!! Menunggak Satu Bulan Saja, BPJS Anda Dinonaktifkan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Catat!! Menunggak Satu Bulan Saja, BPJS Anda Dinonaktifkan

NONAKTIF. Pembayaran iuran yang menunggak satu bulan akan dinonaktifkan sementara dan akan diproses kembali apabila telah menyelesaikan syarat administrasi beserta dendanya.

REPORTER: NINDAR ROSMAWAN 
EDITOR: HASWANDI ASHARI 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Tunggakan kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan khusus Cabang Bulukumba mencapai 40 persen atau setara Rp1 miliar dari seluruh tunggakan kepesertaan.

Kepala Unit Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba, Rijal, Jumat, 16 September mengatakan, pembayaran iuran yang menunggak satu bulan mulai dinonaktifkan sementara dan akan diproses kembali apabila telah menyelesaikan syarat administrasi beserta dendanya.

“Telat satu bulan saja maka otomatis akan dinonaktifkan, dan diproses kembali pengaktifannya setelah membayar denda beserta iurannya,” kata dia.

Dia mengaku, selama berdirinya BPJS Kesehatan, kepesertaan yang mengalami tunggakan itu tergolong besar, jumlahnya bahkan ketika diakumulasi iuran secara keseluruhan mencapai miliaran rupiah.

“Untuk itu melalui sosialisasi dan media kami sering menyampaikan himbauan terhadap kepesertaan agar wajib membayar iuran tepat waktu sesuai dengan jadwal yang disepakati. Jangan nanti sakit baru bergegas mengurus,” tandasnya.

Bahkan menurut dia, sejumlah kepesertaan mengalami tunggakan masing-masing hingga jutaan rupiah. Untuk mengantisipasi itu pihaknya menyampaikan kepada masyarakat apabila tak tertagih maka bisa langsung membayar melalui bank atau outlet-outlet sebagai mitra kerja.

“Kan ini program pemerintah bukan BPJS sendiri, jadi wajar jika wajib menuntaskan iuran ini kan demi kebaikan masyarakat sendiri,” tutupnya. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!