Kabar Baik, Bupati Janji Permudah Izin Usaha – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Kabar Baik, Bupati Janji Permudah Izin Usaha

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Bupati Bulukumba, AM. Sukri Sappewali berjanji akan mempermudah penerbitan semua jenis perizinan ke depannya.

Dia melarang Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mempersulit jika perusahaan sudah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

“Kalau bisa satu hari, kenapa harus dua hari, atau kalau perlu hitungan jam izin usaha sudah terbit. Jangan lagi mempersulit masyarakat, kasian mereka menunggu lama baru terbit,” ujar Bupati Bulukumba, AM. Sukri Sappewali, akhir pekan kemarin. 
      
Menurutnya, daerah harus mengalami kemajuan dari hari-hari sebelumnya. Tidak boleh fokus pada masa lalu, sebab kalau tidak berubah, khususnya dalam pelayanan maka ketinggalan. 
Makanya, penerbitan izin usaha harus mengalami perubahan. Termasuk bagian yang membidangi harus disatukan. Misalnya, dibagian perizinan harus ada staf dinas tata ruang disana, agar masyarakat tidak pulang balik mengurus.

“Ini harus dipikirkan. Perlu ada perubahan,” katanya.

Dia menambahkan, sejauh ini, masyarakat mengurus izin usaha harus menunggu sampai beberapa hari baru diterbitkan. Padahal, izin usaha memungkinkan dikeluarkan dalam waktu tidak lama, apalagi jika persyaratan yang dibutuhkan sudah dilengkapi semua. Namun, terkadang diperlambat oknum pegawai tanpa alasan yang jelas, sehingga kebiasan lama harus diubah demi kepentingan masyarakat umum. 

“Utamakan pelayanan yang baik. Permudah perizinan,” jelasnya.
     
Bupati mengajak pejabat pemerintahan, mulai tingkat camat, lurah dan kepala desa, agar aktif melakukan sosialisasi soal perizinan. Mengajak para pengusaha melengkapi izin usaha yang belum memiliki, seperti tambang galian C. Mereka harus melengkapi hingga Desember mendatang. Kalau tidak maka terpaksa akan ditertibkan tanpa terkecuali. 
“Kita berikan waktu sampai Desember. Kalau tidak dilengkapi, kita akan bongkar,” tegasnya.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Bulukumba, Pasakai mengaku  sejak awal sudah menempatkan anggotanya di bagian perizinan. Upaya ini sengaja dilakukan guna memberi kemudahan bagi warga dalam pengurusan kelengkapan penerbitan izin usaha miliknya. Bahkan, dia berusaha akan menerapkan apa yang menjadi keinginan bupati ke depannya. 

“Iya, saya kira ini cukup bagus. Tidak boleh memang menahan izin yang sudah lengkap. Harus diterbitkan,” kata mantan Sekretaris Bappeda Bulukumba ini. 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!