Hadapi Olimpiade Sains Kuark, Rumah Baca Harapan Batang Genjot Budaya Literasi – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Hadapi Olimpiade Sains Kuark, Rumah Baca Harapan Batang Genjot Budaya Literasi

begini antusiasme siswa Desa Batang, dalam menghidupkan budaya literasi

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Jelang Olimpiade Sains Kuar (OSK)  tingkat sekolah SD/MI. Pemuda karang taruna Desa Batang, Kecamatan Bontotiro, melalui Rumah Baca Harapan Batang, terus memacu budaya literasi seluruh komponen masyarakat desa Batang.

 

Rahman Koodinator Rumah Baca Harapan Desa Batang, mengatakan, saat ini pihajnya terus mengenjot bumingnya budaya literasi khususnya warga yang bermukim di Desa Batang. Saat ini gerakan literasi terus dilakukan pihaknya, salah satunya mencari donasi buku untuk mengisi referensi perpustaan rumah baca harapan Batang.

 

 

“Kita melakukan persiapan ini sebagai bentuk komitmen kami sebagai pemuda batang dalam membumikan budaya literasi di desa batang, apalagi dalam kita juga menyiapkan adik-adik kita untuk menghadapi Olimpiade Sains Kuark,” katanya.

 

 

 

Dia menjelaskan, olimpiade Sains Kuark (OSK) Tingkat SD  adalah kompetisi sains yang terbuka bagi setiap siswa tingkat Sekolah Dasar (SD/MI) yang dilaksanakan serentak secara Nasional, dengan 3 tingkatan, yaitu.

 

“Ada untuk level  siswa kelas 1 – 2, untuk siswa kelas 3 – 4 dan  untuk siswa kelas 5 – 6. Ini memberikan kesempatan kepada setiap siswa Sekolah Dasar di Indonesia untuk berkompetisi di bidang sains berskala nasional,” katanya.

 

Olehnya memotivasi terhadap anak-anak, tidak hanya hadir dari orang tua, guru dan sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains, akan tetapi peran pemuda melalui maksimalisasi rumah baca sangat perlu dilakukan untuk membangun kecintaan terhadap sains sejak dini demi membentuk pola pikir kritis, dan sistematis.

 

“Budaya literasi harus dimulai dari usia dini, cakrawala berfikir akan terbuka melalui gerakan membaca dan menulis,” jelasnya.

 

 

Kades Batang, Hamzah Hafid, mengatakan Rencana Rumah Baca Harapan Batang mengandeng pelajar SD Desa Batang untuk mengikuti lomba sains ini merupakan salah satu barometer peningkatan kuliatas pembangunan manusia di desa Batang dalam upaya peningkatan kualitas pembangunan pendidikan di Kabupaten Bulukumba. Lebih lanjut Kepala Desa Batang mengatakan hal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah desa batang dalam upaya mendukung peningkatan pendidikan khususnya dibidang sains yang di dorong oleh pemerintah kabupaten Bulukumba.

 

“Terimah Kasih Khususnya kepada Pemuda dan Mahasiswa Desa Batang Yang Berkomitmen Mengawal Visi Merintah Desa Batang Dalam Membangun Budaya Literasi Desa,” pungkasnya. (Faj)

——–

To Top