Hebat, Pantai Bira Urutan Sembilan Terbersih Nasional – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Hebat, Pantai Bira Urutan Sembilan Terbersih Nasional

BULUKUMBA, RADAR SELATAN..CO.ID  — Wisata Pantai Bira Kabupaten Bulukumba, tercatat sebagai urutan ke sembilan terbersih secara nasional.
Bira juga tercatat sebagai pantai terbaik di urutan ke 11 dari 80 pantai Wisata di Negara ini. Itu tercatat dalam nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) 2016.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bulukumba, Djunaedi Abdillah mengatakan, masuknya Bira dalam nominasi membuktikan Bulukumba terkhusus Bira telah terkenal secara nasional dan internasional.
Meski dia tetap saja menyayangkan tidak bisa merebut predikat terbaik untuk kebersihan pantai. Dia menyebutkan kekalahan yang diraihnya kali ini karena masyarakat tidak membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam membersihkan pantai khususnya Pedaganag Kaki Lima (PKL) yang tetap berjualan meski telah beberapa kali diperingatkan.
Namun dia berjanji dengan turunnya dari kementerian Pariwisata yang saat ini Deplopment plan (Rencana Pengembangan) pantai bira akan tertata baik, akan melakukan penataan pantai yang bisa bertaraf internasional.
“Susah memang kalau hanya Pemkab yang ingin patai Bira nampak cantik, bersih dan tertata baik, tanpa ada dukungan dari masyarakat, ini harus bersinenergi untuk kemajuan daerah kita bersama,” ujarnya.
Dengan tertatanya dan diliriknya Bira oleh kementerian, lanjut Djunaedi tentu akan berefek domino pada pembangunan bandara yang tentu akan disentuh oleh pemerintah pusat.
“Nusa Tenggar Timur (NTT) yang ambil, namun saya yakin kita tetap menang karena jumlah kunjunga kita yang banyak, cukup 2 juta dari Jakarta, sudah sampai dan menginap sehari, di NTT Rp 7 juta, tapi inikan pendapat saya,” sesalnya.
Ketua Komisi D DPRD Bulukumba, Fahidin HDK mengapresiasi dengan peraihan penghagaan oleh Bira yang menurutnya perlu dibanggakan, hanya saja dia berharap Pemkab bisa bertindak tegas dalam menciptakan wisata yang bertaraf internasional meski harus diklaim buruk oleh warga.
“Harus bertindak tegas, apalagi ini untuk mereka sendiri, pantai bersih kan berarti banyak pengunjung, siapa yang diuntungkan kalau begitu,” ujarnya. (**)
————-
To Top