Ini Curhat Petani ke Bupati di Panen Raya – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Ini Curhat Petani ke Bupati di Panen Raya

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Pelaksanaan panen raya di Kelurahan Jalanjang, Selasa 27 September 2016 dimanfaatkan masyarakat untuk meminta agar Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba memperbaiki perairan.

Selama ini, menurut petani, minimnya pasokan air menjadi penyebab utama lahan tidak bisa ditanami padi.

Gunadi Ganie, salah satu warga setempat meminta bupati melakukan penambahan jaringan irigasi. “Banyak yang bocor, jadi air kurang pak bupati, jadi banyak sawahnya warga yang mati dan tidak bisa ditanami, khusunya untuk kelurahan Jalanjang, Mariorennu, Bonto Macinna,” ujarnya.

Hal tersebut dibenarkan, Ketua Komisi B, A. Tenri Allang. Ia mengakui jika masih banyak perairan atau drainase yang butuh perbaikan dan berjanji akan mengawal aspirasi masyarakat mengingat Gantarang sebagai wilayah penghasil padi terbesar di Bulukumba.

Selain itu, dia mengusulkan agar kelompok tani mengajukan proposal baik provinsi dan Pompengan Jeneberang, untuk perbaikan dan pengadaan sumur bor dalam yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Bupati Bulukumba, AM. Sukri Sappewali berjanji akan memproritaskan perbaikan periran di daerah Gantarang, dikarenakan persawahan terluas berada di Gantarang.

Dia meminta masyarakat untuk bersabar dan berjanji akan merealisasikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2017 mendatang.

“Insya Allah di pembahasan pokok nanti kita akan usulkan, harus segera diarealisasi, tapi mohon sabar,” ujarnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!