Petani Campaga Kembangkan Cabai dan Tomat – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bantaeng

Petani Campaga Kembangkan Cabai dan Tomat

BANTAENG, RADAR SELATAN.CO.ID — Sejumlah petani di Dusun Nangkaia, Kelurahan Campaga, Kecamatan Tompobulu, mengembangkan cabai lokal dan tomat keriting. Pengembangan di bawah pengawasan Koperindo (Koperasi Pemuda Indonesia) Bantaeng ini untuk memenuhi permintaan pasar lokal.

Petani Nangkaia, Burhan mengatakan, pengembangan cabai dan tomat di perkampungan itu cukup potensi. Bahkan sejumlah tanaman holtikultura lainnya juga demikian, mengingat tanah di sana begitu subur dan sumber dan sumber air yang dekat. Pengembangan tanaman secara swadaya ini sudah dilakukan sejak lama dan telah memberikan hasil.

“Sudah beberapa petani yang melakukan budidaya seperti ini dan sudah menikmati hasil. Untuk pengembangan ini dilakukan secara manual mulai dari membuat alat, hingga pada pemupukan,” ujarnya, kemarin.

Pemupukan tanaman cabai dan tomat ini menggunakan pupuk kompos dan juga pupuk kimia dengan perbandingan 50:50. Pupuk kompos ini diproduksi sendiri oleh kelompok tani untuk memenuhi kebutuhan pemupukan kelompok tani namun kadang juga pupuk dengan label Butta Toa Organik dijual jika ada pesanan.

Selain pengembangan cabai dan tomat, sejumlah petani berencana membuat kebun campur. Bukan hanya tanaman jangka pendek, tapi juga dikembangkan untuk tanaman jangka panjang seperti cengkih, rambutan, srikaya, sirsak dan lainnya. Nantinya akan diblok dan didemplok untuk masing-masing tanaman.

“Ini namanya kebuh edukasi, bukan sekadar menanam tapi belajar dan menimba ilmu. Meskipun sejatinya tidak ada bantuan pemerintah,” katanya.

Produksi tanaman di perkampungan tersebut, katanya kebanyakan masih untuk konsumsi lokal. Dan sejumlah kecil lainnya dijual ke luar daerah sepeti makassa dan sekitarnya.

To Top