Pemadaman Listrik Berjam-jam, Pelayanan PLN Kembali Disoroti – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Pemadaman Listrik Berjam-jam, Pelayanan PLN Kembali Disoroti

Ketua PMII Bulukumba, Muh Amin Lahaseng

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Pemadaman listrik berjam-jam di sejumlah wilayah di Bulukumba, dikeluhkan sejumlah pihak. Menyikapi hal ini, Aktifis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), mendesak PLN Bulukumba, bertanggunjawab atas kerugian yang ditimbulkan.

Ketua PMII Bulukumba, Muh Amin Lahaseng, menjelaskan pemadam listrik selama berjam-jam yang dilakukan pihak PLN tanpa adanya sosialisasi dan konfirmasi dinilai telah melanggar hak konsumen yang diatur dalam Undang-undang No.15 Tahun 1985 tentang Ketenagalistrik. Olehnya, pihaknya mendesak agat PLN segera melakukan klarifikasi dan bertanggunjawab dengan memberikan konfensasi kepada konsumen.

“Salah satu poinnya adalah, kita pelanggan harus mendapat pelayanan yang baik. Mendapat tenaga listrik secara terus-menerus dengan mutu dan keadaan yang serta Mendapat ganti rugi apabila terjadi pemadaman yang diakibatkan kesalahan dan atau kelalaian,” jelasnya.

Senada dengan itu, Aktifis HMI, Adi Rahmatullah, mengatakan pemadam listrik yang dilakukan tanpa sosialisasi dan pengemuman lebih dulu harusnya menjadi prioritas utama pihak PLN sebelum melakukan pemadaman. Pasalnya, pemadaman selama berjam-jam jelaslah merugikan sejumlah pihak khususnya pelaku usaha baik industri dan rumahan. “PLN harus memberikan penjelasan soal ini, kasihan juga warga yang sudah membayar listrik tapi tidak terlayani dengan baik,” ujarnya Ketua HMI Komisariat Alghazali ini.

Terpisah, Manejer PLN Bulukumba, Hariadi mengatakan, pemadaman tersebut bukanlah kesengajaan pihaknya namun pemadaman dilakukan karena adanya pemancangan tiang liatrik guna perbaikan kualitas distribusi listrik kedepannya. Bahkan pihaknya mengaku sebelum pemadaman dilakukan telah dilakukan pemberitahuan lebih dulu kepada konsumen.

“Jadi ada pemancangan tiang listrik sebanyak 54 tiang di sekitar Kelurahan Jalanjang, Gantarang, dan laporan terakhir sudah ada 37 tiang yang terpasang, jadi Sabtu dan Minggu depan itu akan ada pemadaman lagi, kita pilih Sabtu dan Minggu, karena hari itu tidak sibuk jam kantor,” jelasnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!