Ingat !! Transportasi dan Makan Ibu Hamil Dibiayai Negara – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Ingat !! Transportasi dan Makan Ibu Hamil Dibiayai Negara

REPORTER: AKBAR WAHYUDI
EDITOR: HASWANDI ASHARI

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba kebagian anggaran Rp1,6 miliar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk para ibu hamil dan balita.

Anggaran itu dimulai Juli 2016 dengan dua item yakni biaya transportasi dari rumah ke fasilitas kesehatan (Faskes), makan dan minum, dan sewa rumah tunggu kelahiran ibu hamil dan balita semasa persalinan.

Kebid Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulukumba, Hj. Kustigawati mengungkapkan, jika anggaran Rp 1,6 miliar yang didapatkan dari kemenkes tersebut merupakan program untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak yang selama ini dinilai masih sangat tinggi, khususnya di Bulukumba.

“Kita kebagian anggaran Rp1,6 miliar, semoga saja bisa membantu pengurangan angka kematian ibu dan anak dimasa persalinan,” ujarnya.

Untuk penganggaranya sendiri, Kustigawati mengaku tidak menentu besaranya per ibu hamil, atau berdasarkan jauhnya kediaman dari Faskes.

Dia mengaku belum bisa memastikan anggaran bisa dia habiskan hingga akhir anggaran 2016 ini, karena banyaknya ibu hamil yang belum melaporkan diri.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Bulukumba, Muh Bakti mengaku jika anggaran besar, seharusnya Dinkes selaku SKPD terkait harus dari awal mensosialisasikan agar anggaran bisa tepat sasaran.

“Jangan sampai ini tidak sasaran, makanya harus sosialisasi, kita maunya segera ini berjalan jangan sampai melewati tahun anggaran dan menjadi silpa,” ujarnya. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!