Benteng Malewang Kembangkan Obat Herbal dari Bambu – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Benteng Malewang Kembangkan Obat Herbal dari Bambu

HERBAL. Salah satu contoh obat herbal dari sari bambu yang diproduksi masyarkat Desa Benteng Malewang, Kecamatan Gantarang. Obat ini dipercaya bisa menambah stamina dan vitalitas serta penambah darah.

GANTARANG, RADAR SELATAN.CO.ID — Satu lagi produk lokal bermutu dikembangkan masyarakat di Desa Bentent Malewang, Kecamatan Gantarang. Produk tersebut berupa obat herbal yang dioleh dari sari bambu muda atau rebung.

Obat herbal yang dipecaya berkhasiat menambaf stamina dan vitalitas pria serta penambah darah ini berhasil dioleh dan dikembangkan oleh karangtarauna bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hanya saja, produk ini belum diproduksi secara massal karena masih dalam tahap uji coba dan penelitian.

“Masih jadi konsumsi masyarakat di sini, kami belum pasarkan secara luas karena ini masih uji coba,” ungkap Kepala Desa Benteng Malewang, Amiruddin HR, kemarin.

Dia menjelaskan, sari rebung ini mulai dikembangkan sejak enam bulan oleh kelompok masyarakat setempat. Proses pembuatan sari rebung ini sendiri cukup sederhana, yakni dengan cara memfermentasi rebung bambu selama beberapa hari untuk diambil sarinya. “Ini bisa sampai seminggu pembuatannya,” kata Amiruddin.

Dia mengaku pihaknya telah berkomitmen untuk mengembangkan potensi tersebut sebagai salah satu sumber penghasilan masyarakat setempat. Bahkan Amiruddin berencana melalukan launching pemasaran produk yang diharapkan juga bisa menembus pasar regional bahkan nasional.

Amriuddin berharap, pemerintah daerah membantu dalam hal pengelolaan yang lebih apik dan modern sehingga mampu menembus pangsa pasar. “Apalagi setahu saya, produk ini hanya ada di Benteng Malewang dan baru kami yang mengembangkannya,” imbuhnya

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!