Catat !! Nikah Siri, PNS Akan Dipecat – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Catat !! Nikah Siri, PNS Akan Dipecat

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Hati-hati bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ketahuan memiliki istri lebih dari satu. Sebab, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyoroti kasus nikah siri merupakan bentuk pelanggaran berat.
Maka dari itu, bagi PNS yang ketahuan dan terbukti melanggar larangan tersebut terancam dipecat sebagai PNS. “PNS terlibat kasus narkoba, korupsi dan poligami termasuk dalam kategori pelanggaran berat, jadi ancamannya bisa dipecat,” terang Sekertaris Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Bulukumba, Andi Ade Ariady.
Dia menjelaskan, untuk meminimalisasi dan menghapus itu semua, Inspektorat mengancam akan melakukan pemecatan bagi oknum PNS yang terbukti melanggar aturan PP 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.
“Semua pegawai yang melanggar ketentuan kepegawaian itu akan dibenahi. Salah satunya adalah memberikan sanksi kepegawaian, termasuk didalamnya tentang perkawinan,” paparnya.
Lanjut Andi Ade, sanksi kepegawaian berat klasifikasinya ada lima, yakni pertama, mulai dari penurunan pangkat selama tiga tahun, kedua penurunan jabatan, ketiga pembebasan jabatan, keempat pemberhentian secara hormat dan kelima pemberhentian secara tidak hormat.
“Kalau memang nantinya ada PNS yang terbukti melanggar aturan, tentu kami proses sesuai dengan pelanggarannya, termasuk akan dipecat jika itu termasuk pelanggaran berat,” tegasnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!