Satlantas Bulukumba, Klaim Urus SIM Bebas Pungli – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Satlantas Bulukumba, Klaim Urus SIM Bebas Pungli

ilustrasi (int)

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bulukumba mengklaim pengurusan surat izin mengemudi (SIM) bebas dari pungutan liar (pungli).

Kasat Lantas Polres Bulukumba, AKP, Harinah mengatakan, untuk menekan adanya praktik pungli di bagian pengurusan SIM, pihaknya aktif menghimbau kepada petugas sekaligus menyampaikan sanksi ketika terbukti melakukan praktik tersebut.

“Rutin kami tekankan tiap minggu terhadap anggota bahwa jangan sama sekali melakukan praktik pungli. Karena dengan melakukan praktik tersebut akan dikenakan sanksi sesuai dengan aturan,” kata dia, Senin, 17 Oktober 2016.

Apalagi kata dia, menyangkut pungli ditekankan langsung oleh presiden, Direktorat Jenderal Pajak, Kapolri, Polda hingga kepada Polres di masing-masing kabupaten.

Sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) Nomor 50 tahun 2010 tentang Pendapatan Negara Bukan Pajak (BNBP) pada pori biaya pembuatan sim yakni, sim A Rp120 ribu, sim B1 Rp120 ribu, sim B2 Rp120 ribu, sim C Rp100 ribu dan sim D Rp50 ribu.

Sedangkan biaya tambahan kata dia termasuk asuransi Rp30 ribu dan biaya surat keterangan uji klinik pengemudi (SKUKP) untuk sim B1, B2 dan sim umum yakini Rp50 ribu.
“Jadi menurut undang-undang itu jelas iurannya, jadi ini yang selalu kami tekankan kepada anggota agar warga yang mengurus SIM harus sesuai prosedur,” ungkapnya.

Dia mengaku, dalam rangka memperkuat pengawasan di internal pihaknya rutin dikunjungi oleh tim terdiri dari aparat kepolisian sendiri dan langsung kelapangan untuk mengecek pelayanan SIM di Satlantas Bulukumba.

“Tim sudah sering ada di Bulukumba dan merupakan tim dari pihak kepolisian yang ditunjuk Polda dalam melihat pelayanan khususnya pengurusan SIM,” tutupnya

To Top